Belitung Timur, DetakMedia.com– Pada Jum’at, 19 Juli 2024, pukul 08.30 WIB, Polsek Manggar mengadakan kegiatan “Jum’at Curhat/Curhat Kamtibmas” di Warung Kopi Heri, Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Acara ini dipimpin oleh Kapolsek Manggar, AKP Abdul Haris.

Turut hadir dalam acara tersebut:
– Sekretaris Desa Baru, Ibu Suminah
– Para Kepala Dusun dan RT di Desa Baru
– Ps. Kanit Binmas Sek Manggar, Aipda P. Sirait
– Ps. Kanit Samapta Polsek Manggar, Aipda Giantara, S.H.
– Ps. Kanit Reskrim Polsek Manggar, Aipda Mustakim Ansori, S.H.
– Ps. Kanit Intelkam Sek Manggar, Bripka Wirdiansyah
– Anggota Polsek Manggar
– Mahasiswa IAIN Pangkal Pinang
– Masyarakat pengunjung Warung Kopi Heri

Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat

Kapolsek Manggar, AKP Abdul Haris, menyatakan bahwa kehadiran Polsek Manggar di tengah masyarakat adalah dalam rangka menjalankan fungsi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). “Kami hadir untuk menciptakan rasa aman dalam setiap aktivitas masyarakat,” ujar AKP Abdul Haris.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan “Jum’at Curhat” merupakan program prioritas Kapolri yang dilaksanakan mulai dari tingkat Polda, Polres, hingga Polsek. Program ini merupakan lanjutan dari Quick Wins Presisi, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan antara polisi dan masyarakat.

Antisipasi Kenakalan Remaja

Dalam kesempatan tersebut, AKP Abdul Haris menekankan pentingnya peran pengawasan orang tua dalam mengantisipasi kenakalan remaja. “Kami menemukan banyak anak-anak di wilayah Desa Baru yang di bawah umur sering nongkrong hingga larut malam. Hal ini bisa memicu perkelahian, balap liar, kecelakaan lalu lintas, pengerusakan fasilitas umum, dan konsumsi minuman keras serta obat-obatan terlarang,” ungkapnya.

AKP Abdul Haris mengimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga komunikasi yang baik dengan Polsek Manggar dan melaporkan segera apabila ditemukan adanya permasalahan atau kegiatan yang membutuhkan kehadiran Polri. “Masyarakat bisa berkoordinasi dengan kantor polisi terdekat, Bhabinkamtibmas, atau langsung menghubungi Kapolsek,” tambahnya.

Keterlibatan Mahasiswa dan Masyarakat

Acara “Jum’at Curhat” ini juga dihadiri oleh mahasiswa IAIN Pangkal Pinang dan masyarakat yang berkunjung ke Warung Kopi Heri. Kehadiran berbagai elemen masyarakat ini menunjukkan antusiasme dan kepedulian terhadap keamanan dan ketertiban di wilayah mereka.

Dengan adanya kegiatan ini, Polsek Manggar berharap dapat terus memperkuat hubungan baik dengan masyarakat dan bersama-sama menjaga keamanan serta kenyamanan di lingkungan sekitar.

Tomy

Loading