Belitung Timur, Detak Media — Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur, Dr. Rita Susanti, memimpin Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 Tahun 2024 yang berlangsung di halaman Kantor Kejari Belitung Timur pada Senin (22/7).

Upacara tersebut dihadiri oleh para Kasi, pegawai, dan PPNPM.

Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa tahun ini mengusung tema “Akselerasi Kejaksaan untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas.”

Dalam amanatnya, Dr. Rita Susanti membacakan pesan dari Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin, yang menekankan bahwa momentum Hari Bhakti Adhyaksa harus menjadi kesempatan untuk mengevaluasi pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenang, serta menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi Kejaksaan RI.

“Dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini, Kejaksaan mampu mencetak sejarah dengan menjadi lembaga penegak hukum paling dipercaya oleh publik,” ujar Dr. Rita Susanti.

Ia menambahkan bahwa keberhasilan ini dicapai karena Kejaksaan mampu menjawab harapan masyarakat dalam mewujudkan keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum.

Lebih lanjut, Dr. Rita Susanti menjelaskan bahwa Kejaksaan, sebagai lembaga penegak hukum yang memiliki kedudukan strategis, harus menjalankan tugas, fungsi, dan wewenangnya dengan baik di bidang Pidana, Perdata, Tata Usaha Negara, Intelijen, serta kewenangan lainnya.

Untuk mendukung terwujudnya penegakan hukum modern yang dinamis, objektif, terencana, terukur, dan akuntabel, insan Adhyaksa harus humanis dan terus mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.

Penulis: Tomy

Loading