Belitung timur Detak media.com

Terinspirasi dari keberhasilan KONI Belitung Timur yang mampu memberikan beasiswa perguruaan tinggi bagi puluhan atlet berprestasi, Pengurus KONI Bangka Barat (Babar) berkunjung Kabupaten Beltim, Selasa (23/7/24). Kunjungan ini untuk belajar mengenai pemberian beasiswa bagi atlet di Bangka Barat (Babar).
Rombongan pengurus inti KONI Babar berjumlah 5 orang, yang terdiri dari Wakil Ketua II, Sekretaris Umum, Sekretaris I, Bendahara Umum dan Bendahara II. Rombongan dipimpin oleh Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi KONI Babar, Bambang Setia Budi.
Rombongan disambut oleh Sekretaris Umum KONI Beltim, Febriawan yang didampingi Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Dela Wahyudi, Ketua Bidang Media, Humas & Promosi Sony Aprianto beserta anggota. Pertemuan dilaksanakan di Ruang Rapat KONI Beltim.
Kepada Diskominfo Beltim, Bambang menyatakan keinginan KONI Babar untuk meniru program kerja KONI Beltim terutama pendalaman pemahaman terhadap rencana kerjasama dengan STKIP Pasundan Cimahi. Di mana KONI Babar juga berniat untuk memberikan beasiswa bagi atlet berprestasinya.
Jujur kita terinspirasi dari kinerja kawan-kawan di KONI Beltim ini. Kita memandang bahwa KONI Beltim sudah lebih dulu dan berpengalaman dalam memberikan beasiswa,” kata Bambang.
Diakui Bambang, saat akhir periode kepengurusan 2020 – 2024 lalu, pengurus KONI Babar sudah pernah berkunjung ke STKIP Pasundan. Untuk itulah, di periode masa kepengurusan 2024 -2028 KONI Babr ingin melanjutkan rencana yang tertunda tersebut.
Kalau secara formalitasnya kita belum ada kerjasama dengan kampus mana pun. Untuk memulainya kita perlu belajar ke sini agar kendala-kendala birokrasi bisa kita minimalkan,” ujar Bambang.
Jika nantinya kerjasama dengan STKIP Pasundan atau kampus lain memungkinkan, KONI Babar berencana memberikan beasiswa bagi tiga hingga empat atletnya. Jumlah ini sebagai awal atau pilot project untuk merintis program beasiswa selanjutnya.
Tuan Rumah Porprov Tak Lagi Tanggung Konsumsi

Selain membahas tentang tata cara kerjasama dan pemberian beasiswa, KONI Babar juga ingin menggandeng KONI Beltim agar satu suara terkait wacana pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII tahun 2026 mendatang yang tidak lagi menanggung akomodasi, konsumsi dan transportasi kontingen Porprov.
Secara prinsip pelaksanaan Porprov 2026 ini akan berbeda dengan Porprov sebelumnya. Di mana Tuan Rumah penyelenggara tidak lagi menanggung makan, minum, akomodasi dan transportasi. Nah ini kan sangat prinsip bagi kita,” ungkap Bambang.
Hal ini menurut Bambang akan memberatkan para kontingen Porprov dari luar Pangkalpinang terutama dari sisi pengaggaran. Apalagi saat ini kondisi keuangan baik di KONI maupun APBD Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang memprihatinkan.
Kondisi keuangan di daerah kita sedang tidak baik. Apalagi di tahun depan, akan banyak pemotongan anggaran dan hibah di tengah kondisi ekonomi Babel sekarang menjerit akibat pertimahan,” beber Bambang.
Sebagai perbandingan, di tahun 2023 lalu KONI Babar memperoleh hibah pembinaan pretasi olahraga sebesar Rp9 milyar. Jumlah ini berkurang drastis menjadi Rp1,5 milyar di tahun 2024.Tomy

Loading