Klapanunggal. …..
Pasca ditetapkannya nomor urut Calon Kepala Desa Kembang Kuning, Panitia Pilkades langsung melanjutkan musyawarah terkait teknis pelaksanaan kampanye dan TPS di aula Desa Kembang Kuning Kec Klapanunggal Kab Bogor Jum’at (3/3/2023).

Seperti diketahui sebelumnya, dari 5 Calon Kepala Desa diperoleh hasil penetapan Nomor urut yaitu:
No. 1. Sodik;
No. 2. M. Masudi (Petahana);
No. 3. Neneng Robinah, S.E.;
No. 4. Hurip Widodo, dan
No. 5. Iin Nurhayati.

Musyawarah teknis langsung dipimpin oleh Ketua Pemilihan Kades Sunandi. Sebelum penentuan waktu kampanye Calon Kades dilakukan penjelasan teknis terkait tahapan pemilihan sebagai berikut:
1. Tanggal 3,4 dan 5 Maret masa penetapan nomor urut dan kertas suara calon;
2. Tanggal 6, 7 dan 8 Maret masa sosialisasi seluruh calon; serta kampanye bergantian di lapangan terbuka yang disediakan panitia.
3. Tanggal 9, 10 dan 11 Maret masa tenang; dan
4. Tanggal 12 Maret pemilihan suara Kades disiapkan sebanyak 25 TPS dari jumlah DPT 12.000 orang.

Terkait teknik kampanye sampai pada pemilihan suara, Sunandi mengingatkan agar pemasangan aktribut dan sosialisasi tidak di tempat keagamaan dan pendidikan, pemasangan tidak oleh anak kecil; penempatan/penempelan dengan seizin pemilik tempat.

Terkait saksi-saksi dari Calon Kades agar segera menyerahkan nama-nama dan data-datanya, terutama pada saat pendistribusian surat suara ke koordinator dan saat pemungutan suara.

“Jangan salahkan panitia jika tidak ada saksi dari Calon Kades yang tidak menyerahkan nama dan data”, tegas Sunandi.

Pada kesempatan itu juga Sunandi mengingatkan agar semua Calon Kades membuat visi dan misi, untuk dilaporkan ke Kabupaten untuk juga dinilai. Visi dan misi dibuat benar-benar yang bisa dilaksanakan dan terjangkau, selain itu visi dan misi boleh dipampang atau disampaikan ke masyarakat.

Panitia juga menyediakan tempat di Lapangan Sepakbola Pakuan sebagai titik kampanye, pelaksanaannya diatur sesuai kesepakatan sedangkan untuk pengerahan massa diserahkan ke masing-masing Calon Kades, sehingga harapannya kampanye bersifat terbuka dan tidak ada saling membuka keburukan calon lain atau Black campaign.

Adapun jadwal kampanye di Lapangan Sepakbola ditetapkan:
1. Tgl. 6/3/2023 (pagi) pemasangan tanda gambar, dll. dan (sore) Calon Kades Nomor Urut 2;

2. Tgl. 7/3/2023 (pagi) Calon Kades Nomor Urut 4 dan (sore) Calon Kades Nomor Urut 5

3. Tgl. 8/3/2023 (pagi) Calon Kades Nomor Urut 3 dan (sore) Calon Kades Nomor Urut 1.

Selepas musyawarah Ketua Panitia Pilkades Sunandi kepada awak media menyampaikan rasa syukur bahwasanya tahapan demi tahapan Pilkades berlangsung lancar dan kondusif.

“Mudah mudahan tahapan berikutnya mulai Senin-Rabu nanti masa kampanye Calon Kades, Kamis-Sabtu masa tenang dan Minggu tanggal 12 Maret hari pencoblosan di 25 TPS yang disiapkan dan proses sesudahnya tetap berjalan lancar aman dan kondusif (sukses tanpa ekses)”, pungkas Sunandi penuh harap.
(Tom)

Loading