Belitung timur, Detak media.com-
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Belitung Timur memasang 800 Bendera Merah Putih di berbagai titik di Kota Manggar, Rabu (31/7/24). Kegiatan ini untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 RI.
Saat melakukan pemasangan ini Kesbangpol dibantu oleh puluhan orang. Mulai dari dari anggota TNI AU, Polres Beltim, Satpol PP, KNPI serta mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kabupaten Beltim.
Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Beltim, Evi Nardi mengungkapkan pemasangan dilaksanakan di depan Kantor Bupati Beltim, sepanjang jalan Desa Padang sampai ke Desa Mekar Jaya, di Taman Segitiga Kota Manggar hingga pelabuhan ASDP Desa Baru Manggar.
Kita juga memasang di depan rumah Dinas Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Wakapolres dan juga membagikan bendera di desa serta berbagai kecamatan lainnya,” ungkap Evi saat pemasangan bendera di Pelabuhan ASDP Manggar.
Selain untuk memeriahkan HUT ke-79 RI, pemasangan bendera ini untuk mendukung Gerakan Nasional Pencanangan Pemasangan dan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih yang dintruksikan oleh pemerintah pusat.
Tidak ada anggaran yang dipergunakan dalam kegiatan ini. Seluruh bendera merupakan sumbangan dari perusahaan dan masyarakat di Kabupaten Beltim,” kata Evi.
Sementara itu Bupati Beltim, Burhanudin menghimbau agar seluruh masyarakat di Kabupaten Beltim dapat memasang bendera di depan rumah masing-masing. Pemasangan bendera terhitung mulai 1 Agustus 2024 hingga 31 Agustus 2024.
Mari kita melakukan pengibaran Bendera Merah Putih sebagai wujud cinta kita kepada NKRI. Kita meriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan sekaligus menumbuhkan sikap patriotisme dan rasa cinta tanah air,” kata Aan sapaan Burhanudin, saat memasang bendera di Depan Rumah Dinas A2 Bukit Samak Desa Lalang, Rabu (31/7/24).
Aan mengingatkan agar pemasangan bendera yang dilakukan juga harus sesuai aturan. Di mana perbandingan ukuran besar bendera ikut menyesuaikan dengan besar dan tinggi tiangnya.
Nah jangan sampai nanti pengibaran benderanya besar tapi tiangnya kecil atau pendek. Disesuaikan ukuran benderanya dengan kondisi yang ada,” ujar Aar.
Terkait warga masyarakat yang tidak memasang atau belum mempunyai bendera merah putih, Aan menyatakan nantinya pihak Kesbangpol dan Desa akan mendata masyarakat yang belum mempunyai bendera. Di mana bagi warga Kabupaten Beltim yang belum memiliki akan diberikan bendera.
“Kita berikan bendera agar langsung dipasang di depan rumah. Nanti ke Kesbangpol untuk pembagian benderanya,” ujar Aan.(Tomy)

Loading