Belitung timur Detak media com-
Manggar,Guna menyiapkan talenta digital yang dapat mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) sebanyak 140 orang mengikuti pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dalam Program Digital Talent Scholarship (DTS) di Auditorium Zahari Mz, Manggar, Kamis (1/8).
Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim Mathur Noviansyah ini dilaksanakan oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Beltim serta Dinas Tenaga Kerja Koperasi, UKM Kabupaten Beltim selama dua hari (1-2 Agustus 2024).

Dikatakan Mathur, kehadiran teknologi digital menjadi pendorong utama transformasi terutama bidang kewirausahaan sehingga membawa tantangan tersendiri terutama bagi UMKM. Untuk itu, Pemkab Beltim terus berupaya mendukung pelaku UMKM dengan berbagai inisiatif.
UMKM merupakan pilar penting pembangunan ekonomi yang harus terus didorong dan didukung sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian,” kata Mathur dalam sambutannya.
Sekda Mathur mengapresiasi digelarnya pelatihan ini sebagai salah satu solusi pelaku usaha untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat dan aplikatif sehingga mampu menciptakan peluang usaha yang inovatif dan berdaya saing tinggi.
Atas nama Pemerintah Kabupaten Beltim, kami mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Kabupaten Beltim sebagai salah satu kabupaten yang mendapatkan kuota pelatihan ini,” jelas Sekda Beltim.
Sekda mengungkapkan digitalisasi bukan lagi pilihan melainkan sebuah keharusan.
Di era yang serba digital ini, para pelaku UMKM harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung perkembangan usahanya ,” imbuhnya.
Disisi lain, Yusrizal selaku Kepala Bagian Umum Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Kementerian Kominfo Medan menjelaskan pelatihan DEA dengan tema Pemasaran Digital Dasar ini, digelar sebagai program pengembangan SDM untuk pelaku usaha UMKM.
Transformasi UMKM dalam pemanfaatan digitalisasi menjadi penting untuk mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan inklusif,” ujar Yusrizal.
Ia mengharapkan UMKM di Beltim bisa bertransformasi secara digital dengan meningkatkan ketrampilan dan daya saing, produktivitas, profesionalisme. Oleh karena itu, kebijakan pengembangan UMKM harus didukung dan ada sinergi yang diperkuat antara perbankan dengan pemerintah, lembaga keuangan, dan para penggiat usaha.
Dalam kegiatan ini diisi dengan paparan narasumber Bayu Priyambodo selaku Kepala Dinas Kominfo Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Beltim mengenai infratruktur digital untuk mendukung keberhasilan perdagangan digital.
Lalu, Gustaf Pilandra selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi, UKM Kabupaten Beltim mengisi paparan mengenai peningkatan pemanfaatan marketplace untuk penguatan ekosistem ekonomi digital. Tomy

Loading