SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya Memfokuskan Kegiatan MPLS Pada Pendidikan Karakter

Tasikmalaya, DM

Hari pertama siswa/i masuk sekolah sejumlah sekolah di Tasikmalaya mulai menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru, seperti yang dilakukan oleh SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya mulai mengikuti MPLS yang akan dilakukan selama sepekan.

MPLS digelar 3 hari pengenalan sekolah, kata Kepala SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya H. Usep Saepulloh, S.Pd., M.Pd., Senin, 15 Juli 2019. Tahun Pelajaran baru kali ini SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya menerima siswa baru dengan jumlah siswa per kelas 32 siswa. Menurut Kepala Sekolah H. Usep Saepulloh, S.Pd., M.Pd. memiliki peranan sangat strategis sebagai proses adaptasi bagi siswa baru jenjang SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya. Mata pelajaran beda mata pelajarannya, beda pula di Sekolah Dasar/ SD, kemudian jika di SD guru kelas, jika di SMP guru mata pelajaran, papar Kepala Sekolah.

Program kegiatan pengenalan lingkungan sekolah itu dilaksanakan oleh guru, sementara kakak kelasnya dilibatkan dalam pengenalan kegiatan ekstrakurikuler, kami pantas untuk antisipasi terjadinya bullying, kakak kelas terhadap adik kelasnya yang baru, dan kami upayakan terus agar siswa baru merasa nyaman dan menyenangkan di SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya yang memiliki unggulan dari berbagai prestasi.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) telah dilaksanakan pada hari Senin, 15 Juli 2019 sampai dengan 17 Juli 2019 yang bertempat di kampus SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya selam 3 hari dengan tujuan adalah bahwa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bertujuan untuk memberikan kesan positif mengenal lingkungan fisik, lingkungan sosial di SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya, serta menumbuhkan rasa sikap untuk berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik sasaran bahwa program MPLS adalah siswa baru kelas VII dengan mengikutsertakan siswa kelas VIII dan IX, serta para guru dan karyawan, komite sekolah SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya. Materi kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa: 1) Upacara bendera; 2) pemberian materi; 3) keagamaan; 4) penghangat suasana; 5) apresiasi; 6) perkenalan; 7) masa bimbingan iman dan takwa (Mabit).

Adapun materi kegiatan dan pemberi materi antara lain: 1) Wawasan Wiyata Mandala oleh Adi Supriadi, S.Pd.; 2) Kesadaran berbangsa dan bernegara oleh Toto Suprianto, S.Pd.; 3) Tata Krama Siswa oleh R.B. Kustianto, S.Pd.; 4) Kurikulum 13 dan Cara Belajar Efektif oleh Hj. Wiwin Rafiati, S.Pd.; 5) Keagamaan, pembinaan mental spiritual oleh Lukman Nurdin, S.Pd.I.; 6) Pendidikan karakter oleh Dedi Riyadi, S.Pd.; 7) Pendidikan Kepramukaan oleh Suherlan, S.Pd.; 8) Literasi oleh Rina Sugiarti, S.Pd.; 10) Ekstra kurikuler, PMR, dan UKS oleh Drs. Dian Cardin; 11) Ekstra kurikuler PKS oleh Nina Yuliana, S.Pd.; Kebersihan dan Adi Wiyata oleh Wiwik Kadarsih, S.Pd. Dengan metoda Penyampaian Materi: 1) Ceramah; 2) Diskusi; 3) Lapangan.

Itulah yang disampaikan oleh Panitia Pelaksana Kegiatan MPLS ketika ditemui oleh Matalensa di ruang kerjanya. Semoga atas terselenggaranya Program Kegiatan ini dapat bermanfaat dan menjadikan semangat belajar bagi siswa/i barunya. Susunan Panitia Ketua Irman Sutiana, S.Pd. Kepala SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya H. Usep Saepulloh, S.Pd., M.Pd. (Mukhlas, DIP.)