Gebyar Pesta Rakyat Desa Mekarsari Kec.Cikajang Sambut HUT Kemerdekaan RI Ke-74

Garut, Detak Media

Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-74 Pemerintah Desa Mekarsari menggelar acara ” Gebyar Pesta Rakyat ” di Lapang Kp.Pasar Kulon Rt 01 Rw 02 Desa Mekarsari Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut, Selasa (20/08/2019) .

Kegiatan acara dihadiri Camat Kecamatan Cikajang ,Rahmat Alamsyah,S.Sos,Kepala Desa Mekarsari,Cepi Kunaepi,Amd,Kep., Ketua BPD,Agustura,Perangkat desa ,Anggota Polsek Cikajang,LSM,Ormas dan warga masyarakat.

Menurut  Camat Kecamatan Cikajang,Rahmat Alamsyah,S.Sos mengatakan,kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI baik pelaksanaan upacara pengibaran bendera semuanya berjalan dengan baik,termasuk kegiatan-kegiatan menyambut HUT – RI di masing-masing desa sangat antusias dan meriah,respon dari masyarakat sangat bagus sekali dan luar biasa.

“Kegiatan tahun sekarang ini ada peningkatan daripada tahun kemarin,saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mensukseskan pelaksanaan HUT -RI ke- 74,” katanya.

Ditambahkannya, kata Rahmat,pelaksanaan kegiatan acara merupakan agenda rutin tahunan bukan pertama kali,sebelumnya juga di adakan kegiatan di tingkat kecamatan yang pesertanya dari para kader,UPT/UPTD, Forkopim. dilanjutkan di desa masing-masing seperti pesta rakyat.

“Semoga acara ini kedepan kami upayakan harus lebih meriah lagi,”ujarnya.

Terselenggaranya kegiatan acara dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 didukung oleh Perusahaan Swasta,Perusahaan BUMD,para pengusaha,dan swadaya masyarakat. Dalam acara tersebut,masyarakat dapatlah ikut serta dalam berbagai lomba-lomba tradisional khas 17 agustus-an.

“Kami berharap seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT – RI ke-74 ini dapat dinikmati oleh masyarakat mekarsari dan dapat meningkatkan tali silaturahmi untuk menjalin persaudaraan dan kerjasama baik antara perangkat desa,BPD,Rt/Rw,dan seluruh masyarakat,” paparnya.

Di sela-sela acara berlangsung kepala desa Mekarsari, Cepi Kunaepi Amd.Kep didampingi ketua BPD, Agustura, kepada wartawan Expose mengatakan, menurutnya warga terlihat antusias menyaksikan kemeriahan acara yang di selenggarakan gebyar pesta rakyat diketahui dalam melaksanakan HUT-RI Ke-74 telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan seperti,lomba panjat pinang,lomba kelereng anak-anak,lomba tumpah terigu ibu-ibu,lomba balap karung,lomba tarik tambang,turnamen bola volley,turnamen tenis meja dan turnamen bulu tangkis serta di hibur oleh artis-artis cantik panggung hiburan yang bisa bernyanyi dan joged bersama. Tak luput desa Mekarsari adalah mempunyai salah satu produk hasil bumi yaitu kopi Arabika ikut mengiringi dan dijajakan untuk dinikmati oleh masyarakat secara gratis di acara pesta rakyat .

Lanjut Cepi, Ia menjelaskan kegiatan pesta rakyat ini bertujuan untuk memeriahkan serta menghibur warga masyarakat Desa Mekarsari Kec.Cikajang Garut.

“Kegiatan pesta rakyat ini tertuju menjadi wadah untuk kita terus menjaga dan melestarikan budaya tradisional yang kita miliki yang mengandung nilai-nilai kearifan yang di harapkan menjadi alat pemersatu dalam membangun Desa Mekarsari ke depan,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga kades mekarsari mengajak kepada masyarakat untuk dapat memaknai pelaksanaan ini sebagai momen menjaga kesatuan dan persatuan di kehidupan sehari-hari sehingga dengan demikian keharmonisan di lingkungan masyarakat dapat tercipta antara RT,RW dan warga masyarakat bisa bersinergi dengan pemerintahan desa.

“Saya mengajak kepada kita semua seluruh komponen masyarakat di desa mekarsari ini untuk memanfaatkan momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI untuk lebih mantapkan rasa persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

Sederet kegiatan rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-74 terselenggara berkat dukungan dan kerjasama antara Perangkat Desa ,BPD,LPM,Karang taruna,Rt,Rw dan seluruh warga masyarakat desa Mekarsari.

“Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 tahun 2019 dapat kita laksanakan dengan sukses dan lancar,” pungkasnya. (Suwito)