Kalpo 2019 Kombinasikan Olahraga dan Pariwisata

Belitung Timur, Detak Media.com

Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanuddin memukul gendang menandai secara resmi dibukanya Kejuaraan Laskar Pelangi Open (KALPO) Tahun 2019 di Stadion Belitung Timur Pelangi, Kamis (12/9/19).

Sebanyak 322 atlet dari 40 kontingen baik dari daerah ataupun klub atletik mengikuti ajang KALPO 2019 yang juga sekaligus babak kualifikasi PON XX di Papua tahun 2020.

Ketua Panitia KALPO 2019, Evi Nardi dalam sambutannya mengatakan tujuan digelarnya ajang ini adalah untuk menghasilkan atlet juara dengan prestasi maksimal dan meningkatkan kwalitas atlet Kabupaten Beltim.

“Dengan adanya ajang ini kita ingin memberikan pengalaman bertanding skala nasional atlet Kabupaten Beltim, sekaligus untuk menumbuhkan minat dan bakat dari masyarakat Beltim,” kata Evi.

Evi mengungkapkan KALPO 2019 merupakan bukti komitmen dari PASI Beltim terhadap pengembangan dan pembangunan olahraga, khususnya terhadap pembinaan atlet- atlet agar mampu berprestasi di tingkat Provinsi, Regional, Nasional bahkan Internasional.

“Pada KALPO 2019 kita mengkombinasikan dengan wisata atau sport tourism yang menarik minat banyak orang. Dan faktanya 85 persen peserta berasal dari luar Kabupaten Beltim,” ungkap Evi.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi, Suharto memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Beltim dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam KALPO 2019.

“Kepada seluruh peserta saya ucapkan selamat bertanding di Negeri Laskar Pelangi ini. Selain medali yang akan diperebutkan, catatan waktu terbaik juga sangat menentukan bagi atlet untuk dapat bertanding di PON 2020 mendatang.

Provinsi Babel saat ini juga sedang gencar-gencarnya menjaring berbagai kejuaraan nasional dan dunia. Hal itu menurut Suharto, sangat relevan dalam upaya mengkolaborasikan kegiatan olahraga bersama pariwisata agar kunjungan wisatawan meningkat ke Provinsi Babel.

“Saya harap seluruh kontingen dapat menikmati keindahan wisata dan kuliner yang ada di Kota 1001 Warung Kopi. Semoga berkesan baik disertai harapan suatu hari nanti akan datang berkunjung kembali,” harap Suharto.

Sementara itu Wakil Bupati Beltim, Burhanuddin meminta agar seluruh atlet yang akan bertanding dapat menjunjung tinggi sportifitas dan menjaga nama baik daerah masing-masing.

“Kepada wasit atau panitia saya minta dapat professional, objektif dan adil dalam memutuskan,” ucap Aan sapaan akrab Wabup.

Aan berharap agar ajang KALPO ataupun kegiatan atletik serupa dapat dijadikan agenda tahunan di Kabupaten Beltim. Apalagi dengan lintasan dan fasilitas yang ada di Stadion Belitung Timur sudah sesuai dengan standard nasional.

“Saya berharap kegiatan KALPO akan rutin jadi agenda olahraga di Kabupaten Beltim. Terima kasih kepada PB PASI Pusat dan seluruh sponsor yang sudah membantu terselenggaranya kegiatan ini.*(Diskominfo) .Tomy.