Kesbangpol Tanggamus Gelar Rakor Kader Kebangsaan

Tanggamus, Detak Media.com
Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik siang ini tepat pukul 11.30 WIB menggelar kegiatan Rapat koordinasi Kader Kebangsaan yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Senin 30 September 2019.

Dalam pembukaannya Kepala Kesbang Asjpani, menyampaikan beberapa teknik dalam mengambil, menyampaikan aktifitas di Pekon baik dari sisi Pemerintahan, Sosial, Politik, Kemasyarakatan  bahkan semua lini aktifitas harian warga setempat untuk dilaporkan ke Bupati melalui Kantor yang ia Pimpin.

Selanjutnya Kepala Kesbang melanjutkan , Rapat teknis ini juga dimaksudkan untuk memantapkan bagaimana tugas dan kerja Kader Kebangsaan kedepan.

Untuk itu pembentukan Kader Kebangsaan ini juga merupakan dalam rangka mewujudkan komitmen membangun Tanggamus sesuai dengan apa yang sudah terucap dan janji saat  kampanye Bunda Dewi -Syafi’i yang diimplementasikan dalam 55 AKSI  salah  satunya adalah Pembentukan  kader Kebangsaan.

Tugas Kader Kebangsaan adalah membantu Pemerintah Daerah atau Bupati dalam hal memberikan informasi sejak dini dalam mengamati  dinamika sosial terutama di bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM (Idiologi , Politik,Ekonomi ,  Sosial, Budaya , Hukum  dan Keamanan)

“Peran Kader Kebangsaan sebagai mata dan telinga Pemerintah Kabupaten dan Pemerintahan Pekon Masing-Masing,” katanya.

Kader harus membantu kegiatan program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dan mendeteksi  permasalahan pembangunan yang sedang berjalan di pekonnya.

Semua Kader juga diharapkan memiliki jiwa “Hanoman’ sebagai sosok yang jelek rupa tapi berhati mulia , dia ada dimana mana untuk mencegah kemungkaran yang mampu membawa arah  kedepan dan mampu memprediksi apa yang akan  terjadi berdasarkan data dan analisanya yang tajam untuk kemaslahatan manusia, kata Asjpani.

Dalam kata sambutannya, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Fathurrahman, Mewakili Bupati Tanggamusn Hj. Dewi Handajani , SE.MM., mengatakan Para Kader Kebangsaan yang terpilih patut bersyukur karena tidak semua orang bisa terpilih menjadi Kader.

Dengan adanya Rapat  Koordinasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman serta wawasan kepada Kader tentang  apa yang di maksud kader kebangsaan serta mempertegas tugasnya kembali.

Terlebih dijaman sekarang yang banyak sekali berita hoak atau bohong dan jangan mudah terpropokasi karena memang  tidak bisa d pungkiri dimana Indonesia multi etnis, ini perlu dicamkan,jelas Asisten 1

Asisten melanjutkan , diantara tugas kader kebangsaan adalah memberikan pemahaman , pengertian kepada masyarakat dimana agar  jangan termakan provokasi , isu yang tidak jelas.

“Bila mencurigakan diharapkan Kader Koordinasi dengan aparat Pekon, Babinsa, Babin Kamtibmas. dan saya berharap bersama Pemda  peran serta dan  bantuan informasi dari kader demi kondusifnya keadaan Tanggamus  kedepannya,”ujar Asisten

Pada kesempatan itu juga Asisten menyerahkan secara simbolis Sertifikat Keikutsertaan diklat Kader Kebangsaan beberapa waktu yang lalu dan menyerahkan Kartu  Anggota Kader Kebangsaan se-Kabupaten Tanggamus.(Masri.SP)