Kasatreskrim Polres Tanggamus Mengapresiasi Masyarakat Setempat Yang Merobohkan Pos Pungli dan Pemerasan

Tanggamus, Detak Media.com
Kapolres Tanggamus AKBP. Hesmu Baroto, SIK,MH, di wakili Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP. Edi Qorinas, SH., sangat mengapresiasi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda yang telah merobohkan Pos Pungli yang sering terjadi di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Kabupaten Tanggamus.

  1. Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP. Edi Qorinas, SH , dalam keterangannya kepada awak media , setelah pihaknya memeriksa langsung di robohkannya Pos Pungli di Jalinbar Pekon Sanggi , Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS) Kabupaten Tanggamus.
    Kami sangat berterimakasih atas peran serta para tokoh dalam Perobohan Pos Pungli dan mewakili Kapolres Tanggamus kami juga mengapresiasi tindakan tersebut ,”kata Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP. Edi Qorinas, SH., di ruang kerjanya, Kamis (05/12/2019).

Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP. Edi Qorinas, SH., menurutnya perobohan tersebut, setelah pihaknya melakukan tindakan tegas dengan menangkap sekaligus 3 pelaku Pemerasan dan Pungli beberapa hari lalu.

Dengan peran aktif Tokoh Agama , Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda baik di Kecamatan Bandar Negeri Semoung (BNS), Kecamatan Semaka dan Kecamatan Kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus , dapat bekerjasama dalam berkomiteman menjaga Kemaanan dan Ketertiban khususnya pemalakan dan pungli di Hakan Lintas Barat (Jalinbar) Kabupaten Tanggamus, “terang Kasat Reskrim.

Sambung Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP. Edi Qorinas, SH., berharap situasi Kamtibmas terus Kondusif secara berkelanjutan.
Sehingga kami mengharapkan situasi ini terus berkelanjutan dan jangan sampai terjadi kembali pungli dan pemerasan karena sangat membuat resah para sopir mobil angkutan dan imbasnya juga membuat malu Kabupaten Tanggamus, “harap Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP. Edi Qorinas, SH.

Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP. Edi Qorinas, SH., dalam kesempatan juga menghimbau kepada Tokoh dan Masyarakat untuk terus bersama-sama pihak Kepolisian dalam menjaga Situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Tanggamus.
Ada nya Situasi Aman , tentu secara perlahan Investor pasti akan datang sendiri dalam mendukung perkebangan di Kabupaten Tanggamus ,”Jelas Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP. Edi Qorinas, SH.

Menurut Tokoh Agama di Pekon Sanggi Kecamatan Bandar Negeri Semoung (BNS) Kabupaten Tanggamus, bersama para pemuda dan warga menginisiasi pembongkaran gardu pos ronda Siskamling berukuran 4×4 meter yang digunakan sebagai pos pungli di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Pekon Sanggi Kecamatan Bandar Negeri Semoung (BNS) Kabupaten Tanggamus, kemarin, Rabu (04/12/2019).

Pembongkaran tersebut diinisiasi oleh Ustad. Hi.Najib Syarib selaku Tokoh Masyarakat setempat dengan mengajak para pemuda untuk melakukan pembongkaran, hal itu sebagai upaya pencegahan dan memerangi Kriminalitas di tempat mereka.

Menurut Hi. Najib, pos ini sudah disalah gunakan oleh oknum untuk memeras atau memungut uang kepada para pengendara kendaran yang melintas.
pembongkaran ini atas kesadaran masyarakat sekitar untuk mencegah terjadinya perbuatan yang melanggar hukum ,”jelasnya

Lanjut nya H,Najib “Kami tidak mau pos ini di salah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab , untuk melakukan tindak kejahatan dan Sebagai warga disini , kami juga berharap Pekon kami bersih dari perbuatan yang melanggar hukum ,”kata Hi.Najid Syarib.

Sebelumnya juga diberitakan, Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polres Tanggamus menangkap sekaligus 2 pelaku pemerasan berinisial SY (35) dan MS (29) di Pos Gardu Pekon Sanggi Kecamatan Bandar Negeri Semoung (BNS) Kabupaten Tanggamus.

Selain dari itu , Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polres Tanggamus , berhasil menangkap Daftar Pencarian Orang (DPO) pelaku pemerasan di Jalinbar Pekon Belu Kecamatan Kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus berinisial HR (29).
Mereka ditangkap sebab sangat meresahkan pengemudi mobil angkutan pengguna Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Kabupaten Tanggamus baik menuju Kabupaten Pesisir Barat maupun sebaliknya.(Masri.sp)