Bupati Tanggamus Kembali Silaturrahmi dan Serahkan Bantuan ke Pondok Pesantren

Tanggamus, Detak Media.com
Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani kembali melakukan kunjungan silaturrahmi sekaligus memberikan bantuan ke sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Tanggamus, Senin (21/09/2020).

Kali ini Bupati mengunjungi tiga Ponpes di tiga Kecamatan, yakni Ponpes Hidayatur Riyadi Pimpinan Ustad Hi. Muhammad Salman di Pekon Datarajan Kecamatan Ulubelu, Ponpes Alfalah Pimpinan Ustad Badi Husnul Munaris di Pekon Sumbermulya Kecamatan Pulaupanggung, lalu Ponpes Alqodir Pimpinan KH. Mustafa Ahmad di Kecamatan Airnaningan.

Turut mendampingi Bupati, Staf Ahli Bupati Firman Ranie, Anggota Dewan DPRD Tanggamus Joni Asonet, mantan Anggota DPRD Lampung Misri Jaya Latif, Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Ketua DWP Nur’aini Lubis, Kabag Kesmas Arpin, Sekretaris Korpri Apriliani Taurusia, Kabag Protokol Riens Abdul Kadir, serta Camat, Uspika dan Kepala Pekon setempat.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa kunjungan yang dilakukan adalah untuk bersilaturahmi dan untuk mengenal secara langsung kondisi dan keadaan pondok pesantren yang dikunjungi, serta sekaligus memberikan bantuan kepada Ponpes yang ada di Kabupaten Tanggamus, sesuai prosedur serta persyaratan yang ada.

Bantuan ini kami berikan berdasarkan jumlah santriawan dan santriwati yang ada, sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial. Saat ini ada 25 pondok pesantren yang akan diberikan bantuan. Saya berharap bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” kata Bupati.

Selain itu Bupati mengajak para pengasuh dan santri pondok pesantren, dalam masa pandemi Covid-19, senantiasa melakukan pencegahan agar Covid 19 tidak menyebar di Kabupaten Tanggamus.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan keinginannya, agar di setiap pondok pesantren tersedia sarana dan prasarana kebersihan yang layak dan memadai, agar dapat menjalankan pola hidup bersih dan sehat, seperti MCK (Mandi Cuci Kakus) atau hal-hal yang bermanfaat lainnya.

Bupati juga berharap melalui bantuan yang diberikan dapat meningkatkan motivasi para pengasuh dan santri dalam menjalankan aktivitasnya, untuk mewujudkan Kabupaten Tanggamus yang agamis.

Ada pun jumlah pondok pesantren yang menerima bantuan sebanyak 25 ponpes, yang tersebar di 13 Kecamatan. Dengan bantuan berupa uang yang diserahkan langsung ke pondok pesantren.

Saat ini baru 25 ponpes yang terakomodir. Itu hasil rekomendasi dari Kemenag, yang lebih dahulu telah melalui verifikasi dan selanjutnya kita pelajari dan kita sesuaikan dengan anggaran yang ada,” jelas Bupati.

Penulis : Masri sp