Muspika Cileungsi Adakan Sosialisasi Pilkades Tahun 2020

Kab. Bogor, Detak Media.com

Perhelatan Pilkades (pemilihan kepala desa) serentak di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, rencananya akan digelar tanggal 20 Desember 2020. Tahapan demi tahapan mulai dilaksanakan, sampai saat ini sudah sampai tahap selesainya pendaftaran Balon (bakal) Kades.

Camat Cileungsi H. Zainal Ashari S.Sos.MSi , selaku panitia tingkat Kecamatan yang pada Pilkades tahun 2020 ini Kecamatan Cileungsi ada 2 Desanya yang akan menyelenggarakan Pilkades, merasa sangat penting untuk lebih cepat mensosialisasikan Pilkades, sekaligus memberikan arahan khususnya kepada para anggota penyelenggara Pilkades tersebut. Untuk itu mereka di undang hadir rapat sosialisasi.

Sosialisasi Pilkades ini diadakan di aula kantor Camat Cileungsi pada hari Jumat tanggal 9 Oktober 2020. Selain dihadiri anggota Muspika lainnya, juga dihadiri oleh 2 Pejabat Kades yang akan menyelenggarakan Pilkades, yakni Pejabat Kades Cileungsi Kidul, Galuh Sri Wahyuni S.STP. MM dan Pejabat Kades Limusnunggal M.Mastur.

Tampak hadir para Ketua BPD dan Ketua Pilkades dari ke 2 Desa terkait dan beberapa anggota Pilkades dan anggota BPD lainnya, juga para Babinsa dan Babinkantibmas Desa terkait.

Dan yang cukup menyita perhatian hadirin adalah kehadiran para Balon Kades dari ke 2 Desa, tampak antara lain M.Sobur dari Limusnunggal, Gugun Gunawan, dari Desa Cileungsi Kidul dan calon-calon lainnya.

Dalam arahannya Camat Cileungsi H. Zainal Ashari S.Sos MSI , menyatakan Pilkades tahun ini agak berbeda dengan sebelumnya, dikarenakan situasi dalam Pandemi Covid-19 , sehingga banyak hal ekstra yang harus diperhatikan oleh para pejabat Kades, para panitia Pilkades, Ketua BPD, khususnya kepada para calon Kepala Desa.

Mari bersama sama menciptakan kondisi yang sejuk, konsolidasikan dengan para simpatisan pendukung, jangan ada arogansi, penggiringan, tapi berkompetisilah secara baik, dengan beradu gagasan, karena masyarakat sudah pintar. Tidak ada kampanye terbuka yang mengumpulkan massa, karena Covid-19 , Dan siapapun yang terpilih nanti itulah putra terbaik Desa masing-masing,” ujar Camat dengan tegas.

Untuk sementara kita masih dalam rencana 5 TPS tiap Desa, tidak rencana puluhan TPS seperti info di tempat lain, karena menyangkut keaman dan pengamanan Pilkades itu sendiri. Tetap memperhatikan protokol kesehatan, lalu untuk perhitungan rekapitulasi suara di sekretariat Desa, biar lebih kondusif, cukup dihadiri terbatas para penyelenggara Pilkades dan saksi masing-masing calon Kades,” ujar Camat yang pada Pilkades November tahun lalu sudah menjabat di Cileungsi. .

Danramil Mayor inf Acep Komarudin, menambahkan, tolong bersama-sama jaga persatuan dan kesatuan, ciptakan kondusifitas. yakinkan dan ikuti.tahapan berjalan dengan baik, DPS terverifikasi dg baik ke DPT, karena biasanya disini sering terjadi permasalahan. Panitia transparan soal tahapan. Para Calon kendalikan Relawan, pendukungnya, harus Siap kalah siap menang. Ingat sampai sekarang imbas Pilkades tahun lalu masih ada aja yang belum legowo, jangan terulang hal yang sama.

“Kita harapkan Pilkades tahun ini, Tertib , Aman Nyaman Sukses tanpa Ekses. Dari Muspika , pejabat Kades, dan para panitia harus netral,” pungkasnya.

Kanit Intel Polsek Iptu Surminto, turut memberi arahan, khususnya kepada para calon. Belajar dari kasus yang baru terjadi diwilayah tetangga , untuk itu “Hindari kesalahan pahaman, dengan tidak men-share video atau medsos lainnya yang menyinggung orang lain, calon atau relawannya, mohon diantisipasi sebelum dan sesudah pasca Pilkades nanti, ujar Kanit yang hadir mewakili Polsek.

Penulis : Gultom