Bupati Launching Program Semua Bisa Sekolah di Tanggamus

Tanggamus, Detak Media.com

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menghadiri sekaligus membuka Launching Program Semua Bisa Sekolah (SBS) di Aula Serumpun Padi, Kecamatan Gisting, Selasa (24/11/2020).

Bupati Hj Dewi Handajani dalam sambutannya menyambut baik Program SBS yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Tanggamus yang berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Tanggamus, Camat, Apdesi dan seluruh elemen pendidikan di Kabupaten Tanggamus.

“Program ini sangat bagus, sebab bisa membantu anak yang putus sekolah, sehingga yang putus sekolah dapat difasilitasi hingga paket C atau kesetaraan jenjang SMA,” ujar Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, Program SBS juga untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tanggamus, sebab sebagaimana diketahui berasal data BPS dalam dua tahun terakhir IPM Tanggamus mengalami peningkatan walaupun masih skala kecil yakni pada tahun 2019, IPM mencapai angka 71,92 meningkat sebesar 0,74 persen dibandingkan tahun 2018.

“Kita harus kejar lagi sehingga IPM Tanggamus bisa meningkat seiring dengan usaha kita bersama dalam menyukseskan program SBS ini,” harap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati meminta dukungan semua pihak untuk mensukseskan Program SBS, salah satunya oleh Pemerintah Pekon.

“Pemerintah Pekon nanti memfasilitasi minimal tiga warganya yang putus sekolah untuk ikut Kejar Paket, mulai dari Paket A hingga Paket C.”

“Ini sebagai bentuk sinergitas dan kerjasama antara Pemkab dengan Pemerintah Pekon. Untuk anggarannya 1,8 juta Rupiah per orang, dan Saya harapkan juga kepada Camat untuk mendata, apakah betul nanti dari setiap Pekon telah memfasilitasi warganya untuk ikut Kejar Paket,” jelas Bupati.

Dalam Launching SBS ini dilakukan juga Penandatanganan MoU dengan BPS Tanggamus, Dinas Pemberdayaan Masyatakat Desa (PMD) dan Apdesi Tanggamus.

Turut hadir, Asisten Bidang Ekobang Sukisno, Staf Ahli Bupati Firman Rani, Kepala Dinas Pendidikan Aswien Dasmi, Kepala Dinas Kominfo Sabaruddin, Kepala BPS Tanggamus Sugaryadi, para Camat, Ketua Apdesi Kabupaten  Tanggamus serta tokoh pendidikan Kabupaten Tanggamus.

Penulis : Masri sp