Vaksin Sinovac Tiba di Beltim, Polres Beltim Beserta Jajaran dan Instansi Terkait Kawal Ketat

Belitung Timur, Detak Media.com

Polres Belitung Timur – Hubungan Maasyarakat, Vaksin Covid-19 Sinovac yang telah tiba di Indonesia, mulai didistribusikan ke-34 (Tiga puluh empat) Provinsi di seluruh Indonesia sejak Minggu, 3 Januari 2021.

Pendistribusian Vaksin Covid-19 ini melibatkan seluruh pihak dan bukan hanya Bio Farma sebagai distributor, Pemerintah provinsi, Kabupaten/kota, Pihak keamanan TNI-Polri dan juga pihak kesehatan. Bahkan, puskesmas juga akan dilibatkan untuk menjaga agar perjalanan Vaksin tersebut berjalan dengan baik.

Hari ini, Selasa 26 Januari 2021 Vaksin Sinovac tiba di Bandara HAS Hanandjoedin Desa Buluhtumbang, Kec.Tanjung Pandan Kab. Belitung sekira pukul 16.00 Wib yang bertolak dari Bandara Internasional Depati Amir Pangkal Pinang.

Vaksin Sinovac yang didistribusikan menggunakan Jalur Udara dengan Pesawat KARGO Onbord Bagasi Vaksin Sinovac menggunakan Pesawat Sriwijaya dengan nomor penerbangan Flight. : SJ-055, Rute : PGK-TJQ.

4 Coly untuk Kabupaten Belitung Timur sendiri mendapatkan Corona Vaksin dengan rincian CoronaVac sebanyak : 2.200 dosis, Alcohol Swabs  : 4.400 pcs, Auto Disable Syringe (ADS 0,5 ml) / Spuit 0.5 cc : 2.320 pcs, Safety box 5 L : 22 pcs dengan petugas pendamping 2 (dua) Org yakni, Bapak Gunawan Setyadi dan Abdul Muzakir.

Distribusi Vaksin tersebut dikawal ketat dengan pengamanan dari Polres Belitung Timur yang di pimpin oleh Kabag Ops Polres Beltim Kompol Erwan Yudha Perkasa, SH, SIK bersama Danramil Manggar Mayor Djoko Lelono dengan personil gabungan dari Satuan Brimob, Koramil Manggar, Dinas Kesehatan Kab. Beltim dan Petugas BPOM.

Pengawalan ketat tersebut di kawal langsung oleh Mobil Patwal Satuan Lalu Lintas Polres Beltim yang mana Vaksin Sinovac dan barang lainnya langsung di amankan di Gedung Farmasi Kab. Beltim.

“Vaksin tiba sekira pukul 17:12 Wib dengan penjagaan ketat dari Satuan Brimob dan satuan Sabhara Polres Beltim yang di siagakan 24 jam. Seperti kita ketahui, pengawalan pendistribusian Vaksin yang dilakukan secara ketat bertujuan agar Vaksin tiba di tempat tujuan dengan aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ucap Kabag Ops.

TNI-Polri yang dikedepankan bertanggung jawab dalam hal pengamanan akan bekerja keras dan terus mengawasi penggunaan Vaksin tersebut. Seperti yang di ungkapkan oleh Kabag Ops, bahwa

“Pengawalan Vaksin Sinovac ini merupakan tanggung jawab kita untuk menjamin Vaksin tersebut bisa sampai dengan aman di tempat penyimpanan Gedung Farmasi Kab. Beltim, Alhamdulillah pelaksanaan pengawalan distribusi Vaksin Sinovac yang dilaksanakan hari ini dapat berjalan aman dan lancar. Meskipun tadi sempat ada kendala cuaca mulai dari Tanjung Pandan sampai mulai masuk ke wilayah Kab. Beltim sempat diguyur hujan deras,” ngkapnya.

Setibanya di Gedung Farmasi turut hadir Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Beltim, Kepala Loka BPOM Belitung (Bpk. Singgih). Kabid P2P Dinkes Kab. Belitung Timur dan Kabid Pelayanan Dinkes Kab. Beltim. Kabid P2P Dinkes Kab. Belitung Timur menjelaskan Bahwa Kedatangan Vaksin Covid-19 di Belitung Timur tersebut ditujukan untuk diberikan kepada Tenaga Kesehatan dan Juga Tokoh Masyarakat Penerima Vaksin guna Pencegahan dan Penyembuhan Covid-19 serta untuk pelaksanaan Kick Off Vaksinasi dari hasil koordinasi yaitu pada tanggal 02 Februari 2021. Pungkasnya

 

Penulis : Tomy

Editor : Rudi H