Kapolres Beltim, Ketua DPRD, Wakil Bupati dan Forkopimda Tahap Pertama Suntik Vaksin Sinovac Covid-19

Belitung Timur, Detak Media.com

Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H, jadi orang pertama Kick Off penyuntikan Vaksin Sinovac Covid-19. Setelah itu disusul Oleh Ketua DPRD Kab. Beltim Fezzi Ultolseja, SE, M.M, Wakil Bupati Kab. Beltim Drs. Burhanudin dan Forkopimda yang berlangsung diruang RSUD Kabupaten Belitung Timur Jum’at, (29/1/21 pukul 09:00 Wib).

Penyuntikan Vaksin Sinovac Covid-19 tahap pertama yang dilakukan yaitu pemeriksaan secara administrasi dan pengecekan fisik. Setiap orang yang akan divaksin harus melalui empat pos dan mereka akan diperiksa juga screening sebelum disuntik.

Adapun tahapan pertama, orang yang akan disuntik Vaksin harus lolos verifikasi pendaftaran, kemudian ke pos dua untuk screening dan anamnase, pos ini calon penerima vaksin akan diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta (comorbid).

“Pos dua ini akan diberikan pertanyaan sebanyak 16 item termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka dia tidak boleh menerima Vaksin,” kata petugas medis

Jika lolos di pos dua, maka tahapan berikutnya adalah pemberian Vaksin Sinovac Covid-19 yang berada di pos tiga. Usai disuntik, penerima Vaksin akan menjalani masa observasi selama 30 menit di pos empat. Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin.

“Alhamdulillah, pelaksanaan suntik Vaksin Sinovac yang dijalani oleh 10 orang Forkopimda berlangsung lancar dan aman, tidak ada gejala apapun setelah dilakukan suntik Vaksin tersebut,” ucap salah satu petugas medis

Kapolres Belitung Timur menyampaikan kepada masyarakat Kab. Beltim, jangan termakan isu atau hoax yang tidak benar tentang Vaksin Sinovac Covid-19 ini. Karena, langkah yang di ambil oleh Pemerintah ini tidak lain adalah bertujuan untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19 agar kita semua terbebas dari Virus, tegas Kapolres usai menjalani penyuntikan Vaksin Sinovac Covid-19.

Hal senada juga dikatakan oleh Kapolres Beltim, Wakil Bupati juga menyampaikan kepada petugas medis diucapkan terima kasih kegiatan penyuntikan Vaksin Sinovac Covid-19 berjalan aman dan lancar.

“Kepada masyarakat, tidak perlu ada kekhawatiran tentang Vaksin ini. Karena, yang dirasakan setelah menjalani suntik Vaksin ini tidak merasakan gejala atau hal-hal lain, biasa-biasa saja. Mari kita berdo’a dengan adanya Vaksin Sinovac ini agar sesegera mungkin kita akan terbebas dari ancaman Covid-19,” pungkas Wakil Bupati usai jalani penyuntikan Vaksin.

 

Penulis : Tomy

Editor   : Rudi H