Sebanyak 20.813 Warga Gunung Putri Terima BST Kemensos Selama Empat Bulan

Kab. Bogor, Detak Media.com

Sebanyak 20.813 (dua puluh ribu delapan ratus tiga belas) warga masyarakat di 10 Desa se-Kecamatan Gunung Putri menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI lewat PT. POS Indonesia.

“Bantuan tersebut yang akan di salurkan oleh Kantor POS Indonesia sebesar Rp 300 Ribu per KK yang akan di bagikan selama 4 bulan yang terhitung dari bulan Januari sampai April”

Hal itu di katakan oleh Andi Apandi, Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Gunung Putri atau selaku pendamping program Bantuan Sosial (Bansos) dari Kemensos RI.

“Bantuan Sosial Covid-19 ini berdasarkan Data Non DTKS. Artinya data penerima bersipat usulan dari seluruh Desa di awal-awal Covid di tahun 2020 sesuai intruksi dari pemerintah Pusat saat itu,” ujarnya.

Lebih jelasnya, kata Andi karena bersipat NON DTKS maka bantuan ini bisa di alihkan berdasar kepada hasil Musyawarah Desa Khusus (MusDesus) agar lebih tepat sasaran.

“Adapun teknis MusDessu di serahkan kepada Pemdes dengan melibatkan semua unsur Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama. Sehingga, menghasilkan hasil yang maksimal dan tidak menjadi polemik di kemudian hari,” ungkapnya.

Andi berharap, dengan adanya Bansos ini minimal bisa meminimalisir beban warga masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya warga masyarkat di wilayah Gunung Putri kab. Bogor

“Adapun warga yang bisa di alihkan berdasar kepada MusDesus yakni, warga yang sudah meninggal tetapi terdaftar, warga yang dapat bantuan dobel/ganda seperti bantuan dengan program Bansos, BPNT, PKH dan lainnya. Kemudian, warga tersebut yang di anggap mampu di lingkungan sekitarnya, dan PNS juga POLRI serta pindah tempat tinggal di luar Desa yang bersangkutan tanpa ijin ke RT/RW setempat,” terangnya. (Din/Yang)

 

Editor : Rdy