Minggon Rakor Kecamatan Cileungsi Kab. Bogor Bahas Antisipasi Penyebaran Covid 19 Pasca Libur Lebaran Tahun 2021

Kab. Bogor,  Detak Media.com

Minggon Tingkat Kecamatan Cileungsi sekaligus Rapat Kordinasi (Rakor) dalam rangka upaya Satgas Covid-19 tingkat Kecamatan & Satgas Covid-19 tingkat Desa atau PemDes, se- Kecamatan. Cileungsi dalam upaya mengantisipasi penyebaran covid 19 Pasca Liburan Lebaran Tahun 2021, diadakan Rabu/ 19 Mei 2021 sekitar Jam 10.00 WIB di Villa Gandoang Kp. Gandoang Kidul Rt. 002 Rw. 009 Desa Gandoang Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.

Rakor Minggon dipimpin langsung Plt Camat Cileungsi, Wawan Suryana, S.Sos, yang turut dihadiri unsur Forpimcam lainnya yakni :
1. Kompol Andri Alam Wijaya, SH, SIK, MM (Kapolsek Cileungsi)
2. Pelda Edi mewakili Danramil Cileungsi.
3. Suryadi, S.Sos (Kasi Trantib Kec. Cileungsi) serta Kasi yg lain.
4. Kepala Puskesmas Pasirangin
5. Kepala Puskesmas Cileungsi
6. Kepala Puskesmas Gandoang, serta Kepala Desa se Kecamatan Cileungsi.

Adapun Materi Rakor/Rapat Minggon tersebut membahas hal hal yang sesuai dengan himbauan dari Pemerintah agar melakukan pendataan terhadap warga yang baru pulang mudik, dan disimpulkan dengan point’ point’ berikut ini:
1. Dengan berakhirnya pasca lebaran agar para Kepala Desa memerintahkan para Satgas tingkat RW/RT diminta segera mendata, melaporkan, dan memastikan warga yang baru kembali dari mudik harus melakukan karantina mandiri dan dilaporkan ke ketua gugus tugas Covid Kecamatan.

2. Warga yang terdata akan ditanyakan tentang hasil test Covid-19. Jika tidak memiliki hasil testnya atau belum melakukan test petugas dari Puskesmas Kecamatan dan aparatur Desa setempat akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga tersebut melalui tes swab antigen.

3. Apabila ada warga yang dinyatakan positif terpapar virus Corona segera isolasi mandiri dan dibawa ke rumah sakit serta agar dilakukan dengan menerapkan 3T (Tracing, Testing, Treatment).

4. Segera dikoordinasikan dengan fasilitas kesehatan apabila ditemukan kasus positif Covid-19 sehingga dapat segera diambil langkah penanganan, dan tidak ada cluster baru.

Kegiatan Rakor Minggon Kecamatan Cileungsi, kali ini berjalan dengan baik dan lancar situasinya dalam keadaan aman dan kondusif, dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. (Sumber: Plt. Camat Cileungsi Wawan Suryana, S.Sos.)

Penulis : Gultom