Pemdes Limusnunggal Realisasikan BLT DD Tahap III Tahun 2021 Ke 183 KPM Terdampak Covid-19

BOGOR, Detak Media.com

Realisasi bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) Tahap III dari rencana sampai tahap XII Tahun Anggaran 2021, dibagikan Pemerintah Desa (Pemdes) Limusnunggal Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, kepada warganya sebanyak 183 keluarga penerima manfaat (KPM) terdampak Covid-19, di aula Desa Limusnunggal, Senin 28/6/2021.

Penyerahan Bantuan Langsung Tunai, dari Dana Desa (BLT-DD Tahun 2021) tahap III tersebut dipimpin langsung oleh Sekdes Awan Hermawan, yang didampingi oleh Kasi Kesra Idam Damiri, Babinsa Serma Ikhwan dan staf Desa Limusnunggal lainnya.

Kepada awak media, Sekretaris Desa (Sekdes) Limusnunggal Awan Hermawan menyatakan untuk Tahun Anggaran 2021 ada penambahan KPM BLT DD dari sebelumnya di Tahun 2020 , 163 KPM , menjadi 183 KPM saat ini.

“Peningkatan jumlah penerima sebanyak 20 orang ini, adalah pertimbangan adanya kenaikan Dana Desa yang kita terima dan juga mempertimbangkan dampak ekonomi terkait pandemi Covid-19 agar bisa membantu lebih banyak warga, tetapi tetap proforsional sesuai kondisi keuangan kita,” ungkap Awan

“KPM BLT DD Tahun ini juga ada yang berubah dari tahun lalu, selain penambahan KPM, ada juga beberapa orang yang diganti berdasarkan kondisi ekonomi terakhir si penerima, dinilai layak digantikan warga lain tetapi semuanya diputuskan dalam Musdesus,” tambah Awan yang menjabat Sekdes: untuk periode ke-2 nya.

Setiap penerima BLT DD tahap III tersebut, menerima uang tunai sebesar Rp300 ribu, dan kedatangan KPM di aula Desa telah dijadwalkan sebelumnya sehingga tidak terlihat menimbulkan kerumunan dan pasca menerima bantuan pun diwajibkan tetap menerapkan prokes secara ketat sehubungan dengan melonjaknya kasus Covid-19 saat ini.

Penyerahan berjalan lancar dan untuk setiap KPM menyerahkan fotocopy KTP dan KK, juga difoto saat menerima BLT DD, guna pertanggungjawaban PemDes serta memastikan bantuan diterima langsung oleh KPM yang berhak.

Sekdes Awan berharap bantuan yang telah direalisasikan untuk warganya dapat meringankan beban ekonomi dampak pandemi yang masih berlangsung saat ini.

“Mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini cepat berakhir sehingga seluruh kegiatan masyarakat terutama ekonomi dapat berjalan normal kembali,” pungkas Awan Hermawan. (Gultom)

 

Editor : Admin