Realisasi SaMiSade Di Desa Nambo Kec Klapanunggal, Pengaspalan Dan Betonisasi Jalan Dengan Padat Karya

Kab. Bogor, Detak Media.com

Program Satu Milyar Satu Desa -Samisade berdasarkan SK Penetapan Bupati 8 Februari 2021 , 147/142/KPTS/Per-UU/2021 dengan maksud Akselerasi Pembangunan Perdesaan dalam Rangka Menyeimbangkan Pertumbuhan dan Perekonomian Wilayah Melalui Pembangunan dan Peningkatan Infrastruktur Desa, dananya mulai digelontorkan termasuk salah satunya di Desa Nambo Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor.

“Melalui launching bersama dengan pihak Kecamatan Klapanunggal, dana SaMiSade tahap 1 dan 2 akan kami manfaatkan untuk Lima bentuk pembangunan, yakni Pengaspalan, Betonisasi Jalan, Drainase, TPT dan Gorong-gorong yang semuanya berada di RW 07, dengan total anggaran sebesar Rp.1.000.000,000, tetapi untuk tahap 1 baru 40% atau 400 Juta” ungkap Nanang , SE selaku Kades Nambo memulai perbincangan dengan awak media di kantor nya Jumat 20/8/2021

Kades Nanang menambahkan untuk volume pembangunan tersebut adalah Pengaspalan jalan panjang 807 m x lebar 3 m x tebal 0, 05 m dan Betonisasi jalan , panjang 902 m x lebar 3 m x tebal 0, 12 m sekaligus ada pekerjaan drainase, TPT dan gorong gorong, yang semuanya berada di Kampung Nambo Lebak RT 14, 15, 16 di RW 07.

“Pelaksanaan dilakukan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Nambo beserta masyarakat dengan sistem padat karya Desa, jadi tidak dipihaktigakan,” terang Nanang yang memenangkan Pilkades tahun 2019 tersebut

Keseluruhan 5 bentuk pekerjaan pembanguan tersebut, lanjut Nanang, ditujukan untuk mendongkrak kelancaran aktivitas warga serta meminimalisir banjir dan longsor yang ada di RW 07 Desa Nambo. Sementara untuk alasan prioritas 5 pembangunan pada program SaMiSade tahap 1 hingga 2 ini, dimunculkan pada hasil musyawarah bersama semua elemen masyarakat terkait, diantaranya, TPK, BPD, LPM, Karang Taruna, PKK Posyandu, para pengurus RT/RW berserta tokoh masyarakat Desa Nambo, yang pada hasil rapat beberapa lalu, semuanya sepakat pada 5 pembangunan tersebut yang saat sudah mulai berjalan.

“Pembangunan tersebut sangat krusial diharapkan masyarakat. Oleh karenanya saya berharap dukungan penuh masyarakat pada proses pembangunan ini, dan nantinya harus menjaga dan merawat hasil dari pembangunan tersebut, agar bisa awet hingga beberapa tahun kedepan,” pungkas Kades Nanang.

Salah seorang warga di RW 07 bernama Rohim (45 Th) mengucapkan terimakasih kepada Ibu Bupati Bogor yang menelurkan program SaMiSade ini dan secara khusus kepada Kepala Desa Nambo dan perangkat Desa lainnya atas akan terlaksananya 5 pembangunan ini baik pengaspalan jalan, betonisasi jalan , TPT, Drainase dan Gorong-gorong di wilayahnya.

“Syukur Alhamdulillah , saya merasa bangga karena sudah lama warga di RW 07 ini, menginginkan semua pembangunan ini. Semoga kedepannya bisa melancarkan aktivitas warga dan meningkatkan perekonomian warga setempat,” tuturnya kepada awak media. (Gultom)

 

Editor: Admin