Proyek Pembangunan Rehab Dua Gedung Sekolah Disinyalir Kurang Pengawasan Dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus

Tanggamus, Detak Media.com

Sejumlah proyek fisik di wilayah Kabupaten Tanggamus diduga tanpa papan nama alias siluman masih banyak ditemukan di lapangan. Meski sering dipersoalkan publik, akan tetapi tetap saja membandel dengan dibiarkan dan mengabaikan hak publik tentang informasi keterbukaan.

Dengan demikian pelaksanaan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012 yang mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek dan memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, kontraktor pelaksana serta nilai kontrak dan jangka waktu pengerjaannya tak berlaku di Tanggamus,

Diantara nya proyek pengerjaan Rehab Fisik Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Maja dan SDN Kandang Besi Kecamatan Kota Agung Barat yang di duga siluman. Hingga kini, tak ada papan nama proyek fisik itu.

“Yang jelas Kami tidak tahu proyek ini anggarannya berapa dan sampai kapan serta dikerjakan siapa. Karena tidak ada papan nama proyek yang dipasang di lokasi proyek saluran ini. Mendadak ada pekerjaan fisik. Padahal saatnya proyek dikerjakan secara tranparan dan diketahui masyarakat umum,”

Atas Tenemuan awak media ini, di beberapa Sekolah Dasar Negeri di Kecamata Kotaagung Barat yang masih tahap Pembangunan tidak Jelas dari mana Anggaran nya, berapa anggaran nya di karena kan tidak ada Papan Nama Kegiatan. (Kamis 26 agustus 2021.)

Tak sampai di situ saja, Awak media ini pun menanya kan langsung dengan Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Kandang Besi yang mengatakan, “Saya sendiri tidak tahu berapa Anggaran nya karena mereka pemborong kerjaan tidak pernah ngobrol. Coba tanya saja dengan pemborong nya,” kata nya Kepsek SDN 1 KandangBesi.

Menurut Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Maja menuturkan, “kalau masalaah anggaran pekerjaan ini saya kurang tahu juga, saya hanya terima kunci sudah jadi padehal dulu saya yang mengajukan untuk pembangunan ini, karena seingat hanya sekali pemborong nya ini nemuin dan menyampai kan kalau yang mau mengerjakan pemborong nya saya,” Tutur nya Kepsek SDN 1 Maja. (kamis 26 agustus 2021)

Salah seorang Kepala sekolah yang juga enggan di tulis namanya mengaku tidak tahu menahu soal angaran dan CV proyek Rehab di sekolah nya itu Namun dia meyakini proyek fisik itu dari Dinas Pendidikan Pemkab Tanggamus.

Dari penelusuran awak media di lapangan semua proyek yang Diduga tepatnya di dua lokasi SDN Kandang Besi dan SDN Maja Kecamatan Kota agung Barat keduanya proyek ini juga tidak terpasang papan keterbukaan publik terkesan seperti proyek siluman.

Sejak terbit nya berita ini, awak media sudah dua kali untuk konfirmasi ke Kabid Sapras Dinas Pendidikan, namun belum bisa di temui dan Disinyalir Kurang nya Pengawasan di beberapa lokasi Pembangunan rehab Sekolah tahun 2021 dari Dinas Pendidikan dan seperti tutup mata. (Masri Sp)

 

Editor : Admin