Gerai Vaksin Pemdes Cileungsi Menyasar Warga Usia Produktif Dan Lansia Yang Baru Terdata

Bogor | Detak Media.com

Bekerjasama dengan pihak Kecamatan dan Puskesmas Cileungsi serta didukung tim serbuan vaksinasi TNI AU, PemDes Cileungsi menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kantor Desa Cileungsi Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, Kamis (7/10/2021).

Sekdes Cileungsi Supendi, disela-sela kesibukan pelaksanaan vaksinasi menyatakan demi efisiensi dan memudahkan akses warga masyarakat, pihak Pemerintah Kecamatan Cileungsi mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 dilakukan di Desa se-Kecamatan Cileungsi.

“Hari ini merupakan jadwal Desa Cileungsi menggelar vaksinasi dosis 1 dan 2 jenis sinovac dan dosis 2 jenis pfizer, dengan target 1000 orang,” ujar Supendi kepada awak media.

Sekdes menambahkan sasaran utama warga yang akan divaksin adalah yang berdasarkan pendataan RT, sebelumnya mereka ini belum mendapatkan akses untuk divaksinasi, baik usia produktif 12-55 tahun dan juga Lansia, diatas 55 tahun.

“Berdasarkan laporan data yang masuk dari RT sudah 14.800 orang, sekitar 2.063 orang belum tervaksin, nah warga inilah yang didorong untuk mengikuti vaksinasi hari ini sekaligus mengoptimalkan target warga tervaksin,” ungkap Supendi.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Desa Cileungsi H Beni Sopian, menyampaikan hal senada, pihaknya sedang menunggu laporan bawahannya para RT, berapa banyak warganya yang sudah tervaksin baru Dosis 1, juga yang sudah Dosis 1 dan 2 dan juga warga yang belum samasekali tervaksin.

“Pihak PemDes Cileungsi dimintakan kembali oleh Pemerintah Kecamatan menggelar kegiatan serupa nanti tanggal 18 Oktober, nah kita perlu memetakan wilayah mana saja yang perlu diprioritaskan, agar pelaksanaannya efektif dan optimal,” ungkap Kades Beni.

H. Beni tak menampik warga yang usia produktif yang banyak aktifitas, sekolah, kerja, jalan jalan ke Mall dan lainnya lebih peduli dirinya perlu divaksin karena sudah jadi peraturan.

“Pihak PemDes melihat secara akumulatif, siapun yang wajib vaksin usia 12 tahun keatas akan diperhatikan, juga Lansia harus diedukasi pentingnya vaksinasi untuk memutus rantai penularan Covid-19 ini,” pungkas H Beni yang menjabat Kades untuk periode ketiga.

Kepala Seksi Operasional Skadik 504 Mayor Lilis yang hadir monitoring pelaksanaan vaksinasi di Desa Cileungsi menyampaikan bahwa Tim vaksinasi dari Mabes TNI melalui Pusat Kesehatan TNI menerjunkan anggota dari Skuadron Pendidikan (Skadik 504), sebanyak 35 orang ditambah 2 pendamping, untuk 4 Kecamatan yakni Cileungsi, Gunung Putri, Citeureup dan Cibinong. Untuk pelaksanaan vaksinasi di Desa Cileungsi ini, diturunkan 18 anggota.

“Vaksinasi di Desa Cileungsi ini saya lihat berlangsung lancar, mengalir dan tidak terjadi penumpukan. Kalaupun ada sedikit masukan tadi saya sampaikan ke pak Lurah, bila mengadakan kegiatan serupa, mohon dicarikan tempat yang lebih leluasa,

Dan harapannya semoga masyarakat semakin sadar untuk divaksin , ini adalah program Pemerintah dan sesuai perintah Mabes TNI AU supaya membantu Pemkab Bogor,” tutup Mayor Lilis. (Gultom/BJS)

 

Editor : Admin