Pencapaian Vaksinasi Covid-19 Warga Desa Jatisari Kec Cileungsi Sudah 93.10 %

Kab.Bogor, Detak Media.com
Gencarnya pelaksanaan vaksinasi covid-19 oleh Pemerintah bersama Polri dan TNI dengan tersedianya sentra vaksinasi diberbagai tempat serta antusiasme warga menjadikan tingginya angka pencapaian Vaksinasi Covid-19 sebesar 93.10 % Desa Jatisari Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Jatisari H. Atu Ansyori, SE saat bincang ringan dengan awak media kantor Desa Jatisari Kamis 9/12/2021.

H. Atu lebih jauh menjelaskan seraya memperlihatkan kertas berisi data vaksinasi warganya kepada awak media bahwa dari jumlah sasaran warga sebanyak 6.404 orang , yang sudah tervaksin covid-19 dosis 1 dan 2 sebanyak 5.966 orang atau 93.10 %.

“Data ini merupakan pendataan dari 20 RT dan 10 RW yang ada di desa Jatisari dan benar valid. Warga yang belum tervaksin sebanyak 350 orang atau kurang dari 7% , sebagian dikarenakan alasan kesehatan, misalnya tensi tinggi, bahkan ada yang berulangkali datang mencoba lagi. Warga yang belum divaksin, kita arahkan ke Puskesmas terdekat” ujar H Atu yang menjabat Kades pasca memenangi Pilkades Jatisari Tahun 2019 lalu.

H. Atu mengapresiasi minat dan kepatuhan warganya mengikuti program vaksinasi covid-19 ini, pasca meluasnya penyebaran pandemi covid-19 khususnya di Kecamatan Cileungsi, sekalipun Desa Jatisari sering berada di zona hijau.

“Desa Jatisari berada pada zona aman, tapi program vaksinasi kan bukan melihat zonanya, tapi bagaimana mengantisipasi penyakit ini salah satunya dengan cara divaksinasi. Dan Alhamdullilah warga kita menyadari hal itu, mereka antusias untuk divaksin . Banyaknya sentra vaksinasi, termasuk diwilayah tetangga, seperti Jonggol dan Bekasi, turut memudahkan warga, dan kita tinggal mengarahkan mereka saja, sehingga pencapaian ini kita peroleh” ungkapnya.

H. Atu mengharapkan tahun 2021 ini pengendalian covid-19 bisa dituntaskan, sehingga tahun depan 2022, lebih fokus untuk membangun Desanya.

“Harapannya pasca program vaksinasi ini, warga sehat, dan tahun 2022 warga tidak lagi dominan bansos, tetapi kedepannya bagaimana pemberdayaan warga dan ekonomi warga kita, disini dominan pertanian, perikanan dan peternakan, nah ini akan kita kembangkan dan juga Bumdesnya.” Jelasnya

Dirinya berharap ke Pemerintah khususnya Pemkab Bogor agar dapat melanjutkan SaMiSade untuk infrastruktur jalan, tahun ini hasilnya sudah terlihat dan dinikmati warga. “Masih banyak jalan di desa Jatisari yang perlu diperbaiki, jangankan jalan untuk dilalui kendaraan roda 4, untuk dilalui kendaraan roda 2 pun masih susah, jadi kehadiran program SaMiSade sangat bermanfaat ” pungkas H Atu memberi contoh.

Pewarta : Gultom

Editor : Irfan Lubis