Cegah Pelarian Rutan Kota Agung Cek Teralis dan Rolling Gembok Kamar Hunian WBP

Tanggamus, detakmedia.com

Untuk mendeteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban, Petugas Rutan Kelas IIB Kota Agung melaksanakan pengecekan kelayakan Teralis dan juga Rolling Gembok Kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP) pada senin (24/1/22).

Potensi gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas/Rutan adalah sebuah perhatian khusus mengingat peningkatan jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) setiap tahunnya, salah satu resiko terjadinya kerawanan berupa upaya pelarian WBP kian mungkin terjadi kapan saja.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Rutan Kota Agung Akhmad Sobirin Soleh melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Boy Naldo mengambil langkah antisipasi yang salah satunya dengan melakukan rolling seluruh gembok dan kunci kamar hunian WBP serta pengecekan kelayakan teralis secara berkala, bukan hanya itu saja, nomor kunci dan gembok ditukar secara acak agar tidak bisa diduplikat dan adanya upaya pengrusakan oleh Warga Binaan.

“Pengecekan teralis dan rolling gembok ini kami laksanakan secara rutin untuk mencegah penduplikasian atau pengerusakan kunci yang bisa berakibat pelarian Warga Binaan, kami harap langkah pengamanan rolling gembok ini dapat mencegah upaya pelarian WBP, karena ini merupakan langkah strategis yang sangat membantu menciptakan situasi yang kondusif, aman, dan terkendali,” Ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Kegiatan perawatan tersebut dilakukan agar kunci dan gembok yang digunakan tidak berkarat dan macet sehingga memudahkan petugas dalam menjalankan tugas dan antisipasi terhadap kejadian yang tidak diinginkan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP),” tandas nya.(Masri Sp)