Peringatan Bulan K3 Nasional PLN UP3 Gunung Putri

Kab. Bogor, DetakMedia.com

Bulan K3 Nasional 2022 telah tiba. Ini adalah hari yang diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan K3 bagi seluruh pihak. Kegiatan ini rutin dilaksanakan tanggal 12 Januari – 12 Pebruari setiap tahun.
Pada tahun 2022 pelaksanaan bulan K3 berpedoman pada Keputusan Menteri No. 202 Tahun 2021.

Dalam memperingati Bulan K3 Nasional tahun ini bertempat di halaman depan, PT PLN (Persero) UP3 Gunung Putri melaksanakan Apel Bendera pada Selasa 25 Januari 2022,
Sub Tema yang diusung PLN tahun ini adalah *Penguatan Budaya K3 Pada Setiap Proses Bisnis Kelistrikan untuk mewujudkan Zero Accident di Era Digitalisasi*

Apel siaga dikuti oleh seluruh pegawai PLN UP3 Gunung Putri, dan 3 Unit layanan yakni ULP Cileungsi, ULP Citeureup dan ULP Jonggol serta Mitra kerja dan dipimpin langsung oleh Manager PLN UP3 Gunung Putri Dini Sulistyawati.

Dalam sambutannya pada Apel Bendera tersebut beliau mengatakan bahwa
menjamin keselamatan pekerja dalam menjalankan pekerjaannya melalui perlindungan K3, dengan melakukan upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya yang ada dilingkungan tempat kerja sampai standar aman, untuk menciptakan kondisi lingkungan kerja yang aman dan sehat sehingga proses bisnis berjalan lancar merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan.

Lanjutnya, untuk itu Pelaksanaan K3 bukan hanya menjadi tanggung jawab perseorangan tetapi semua pihak, semua berperan aktif sesuai fungsi dan kewenangannya untuk melakukan upaya di bidang K3 secara terus-menurus dan bersinergi serta menjadikan K3 sebagai Budaya kerja, sehingga dapat mencegah kecelakaan kerja untuk pencapaian zero accident.

Untuk mensukseskan bulan K3 tahun ini, kegiatan yang dilaksanakan antara lain:
1. Apel Bendera dan Penandatangan Komitmen K3
2. Pemasangan spanduk, standing banner K3 di semua unit layanan
3. Safety Campaign ke seluruh Mitra Kerja dan masyarakat
4. Cerdas cermat untuk pegawai
5. Senam sehat
6. Pelaksanaan Kampus Akademi Mitra Kerja Pelayanan Teknik

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi pegawai dan mitra kerja di lingkungannya untuk tetap menggelorakan semangat K3 di lingkungan kerja serta meningkatkan pemahaman masyarakat terkait K3 khususnya di bidang ketenagalistrikan.

Semua kegiatan dilakukan dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan secara ketat karena walaupun situasi pandemi sudah mulai melandai dan dapat dikendalikan namun kita perlu menyikapinya dengan hati-hati

“Dalam mewaspadai kondisi cuaca dengan curah hujan yang cukup tinggi pada akhir-akhir ini PLN bersiap siaga untuk melakukan respon dan recovery secepatnya dengan tetap mengutamakan keselamatan baik pekerja maupun masyarakat”, demikian yang disampaikan oleh Hanggoro Dony, Pejabat Pelaksana K3L di PLN UP3 Gunung Putri.

Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar dapat segera menghubungi PLN bila terdapat hal-hal yang membahayakan keselamatan melalui PLN Mobile, PLN 123 atau menghubungi Kantor PLN terdekat. (Gultom)

 

Sumber : Humas PLN UP3 GP