PemerintahanSumatera Utara

Viral Di Medsos, Jalan Latasir Blok 11 Gisting Rusak Tergerus Banjir, Ini Penjelasan Dinas PUPR Tanggamus

Tanggamus, Detakmedia.com

Viral nya kerusakan jalan pasca luapan banjir di Dusun 8 Blok 11 Pekon Gisting Atas pada Minggu (30/1/22) lalu. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tanggamus melalui Kabid Cipta Karya, Irvan turun kelokasi dan mengecek langsung kerusakan akibat banjir tersebut.

Dalam pengecekan itu, Kabid Cipta Karya, Irvan  juga didampingi Uspika Gisting bersama Kepala Pekon Gisting Atas menijau dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat disana guna mengambil langkah antisipasi kerusakan lanjutan.

Menurut Irvan,  jalan Latasir tersebut dibangun sepanjang 245 meter dengan lebar 3 meter menggunakan anggaran APBD sebesar Rp195.425.000,-  rusak dan sebagian terkelupas.

“Hal itu akibat besar derasnya debit air yang tidak tertampung drainase sehingga mengalir ke jalan,” kata Irvan usai kegiatan.

Irvan menjelaskan bahwa jalan Latasir tersebut masih masa pemeliharaan oleh  pihak rekanan atau kontraktor dan untuk perbaikan masih tanggung jawab mereka.

“Pekerjaan itu masih masa pemeliharaan, jadi untuk perbaikan itu masih tanggung jawab pihak rekanan atau kontraktor,” tegasnya.

Irvan mengaku, dalam kesempatan itu masyarakat gisting atas juga mengusulkan agar drainase di jalur dua bagian atas agar diperbaiki dan diperdalam agar fungsi pembuangan air hujan dapat tertampung.

“Tadi kami komunikasi langsung dengan warga dan rencananya kita akan sampaikan kepada pimpinan untuk perbaikan pembangunan drainase agar pembuangan air hujan lancar,” ujarnya.

Ia menambahkan, drainase akan diusulkan pihaknya, baik dari anggaran pekon, APBD, Propinsi maupun pusat. “Rencana kita periortaskan dan kita upayakan,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Jalan Lapisan Tipis Aspal Pasir (Latasir) di Blok 11 Pekon Gisting Atas Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus tergerus derasnya air pasca hujan Minggu (30/1/22) sore.

Video derasnya air mengikis aspal yang tampak tipis beredar luas di media sosial pasca seorang netizen mengunggahnya di group Portal Tanggamus.

Amatan pada empat video yang diunggahnya, dalam 2 video tampak air deras mengaliri jalan tersebut. Dua video lainnya, setelah air surut segera terlihat aspal tipis yang terbuka sehingga membuat masyarakat disana kecewa.

Berdasarkan keterangan, Margono selaku Ketua RT Blok 11 Gisting Atas luapan air terjadi setelah hujan sekitar 30 menit. (Masri Sp)