Pemkab Belitung Timur Serius Replikasi e-Office Pemkab Sumedang

Belitung Timur, Detakmedia.com

Menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir tentang replikasi inovasi e-Office Pemkab Sumedang untuk di terapkan di Pemkab Belitung Timur.

Bupati Beltim mengirim tim yang terdiri dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Timur (Diskominfo Kab Beltim), Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Belitung Timur (BKPSDM Kab Beltim), Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembanguanan Daerah Kabupaten Belitung Timur (Bappelitbangda Kab Beltim) dan Inspektorat Kabupaten Belitung Timur untuk mempelajari detail sistem e-Office dan segera menginstal di server Pemkab Beltim.

Rombongan yang dipimpin Kadiskominfo Beltim Bayu Priyambodo di terima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang Drs H. Herman Suryatman di dampingi Tim Diskominfo Sumedang, Kamis (3/2) di Comand Center Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang.

Dihubungi secara daring, Kadis Kominfo menjelaskan bahwa aplikasi e-Office adalah aplikasi yang menggunakan sistem SSO (Single Sign-On).

Kegunaannya untuk dapat mengakses fitur-fitur yang ada didalamnya seperti manajemen tata naskah dinas elektronik termasuk tandatangan elektronik, manajemen SAKIP, menajemen talenta, manajemen kepegawaian, reformasi birokrasi, kinerja pegawai, manajemen kegiatan, absensi, serta inovasi.

Kadis Kominfo mengungkapkan bahwa sistem Single Sign-On merupakan sistem autentikasi terhadap para pengguna aplikasi dengan cukup satu kali login untuk dapat mengakses beberapa aplikasi.

Sistem Single Sign-On mempermudah karena pengguna tidak perlu mengingat banyak username dan password untuk setiap aplikasi yang mereka gunakan, karena hanya butuh satu kredensial (kerahasiaan-Red) untuk melakukan sekali proses autentikasi,” ujar Bayu.

Bayu menjelaskan bahwa aplikasi e-Office terdiri dari 2 versi yaitu website dan mobile (android) yang nantinya akan segera diintegrasikan dengan aplikasi eksisting ke dalam e-Office.

“Semua ini sebagai upaya mendukung komitment Bapak Bupati dalam membenahi manajemen penyelenggaraan kepemerintahan Kab. Beltim agar berjalan dengan asas umum yang baik sesuai asas umum penyelengaraan pemerintahan yang baik,” pungkasnya. (Tomy)