Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi Pimpin Upacara Serah Terima Dua Perwira

Tanggamus – Detakmedia.com

Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K. pimpin Upacara Serah-Terima dua perwira di lingkup polres setempat, Jumat (25/3/2022) pagi. Rotasi perwira tersebut terjadi pada jabatan Kasat Reskrim dan Kapolsek Cukuhbalak.

Rotasi Kasat Reskrim dan Kapolsek Cukuhbalak, berdasarkan Surat Telegram Kapolda Lampung Nomor: ST/168/III/KEP./2022 tanggal 10 Maret 2022. Telegram ditandatangani Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Lampung, Kombes Pol Endang Widowati, S.H. Sertijab diikuti para Pejabat Utama Polres Tanggamus, seluruh Kapolsek jajaran, dan perwakilan sejumlah anggota polres setempat.

Dari surat telegram itu, nomor 10 yaitu Inspektur Satu Ramon Zamora, S.Sos., S.H. yang sebelumnya menjabat Kasatreskrim Polres Tanggamus, pindah tugas sebagai Kanit 3 Sipammat Subditgasum Ditsamapta Polda Lampung.

Pada nomor 11, jabatan Kasatreskrim Polres Tanggamus sekarang diisi oleh Inspektur Satu Hendra Safuan, S.H., M.H. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Pama Polres Mesuji.

Berikutnya pada nomor 68, Inspektur Dua Eko Sujarwo, S.H., M.Si. yang sebelumnya menjabat Kapolsek Cukuhbalak, diangkat menjadi Pama Polres Pringsewu. Posisi yang dia tinggalkan, digantikan oleh Inspektur Dua Adi Setiawan. Sebelumnya ia menjabat sebagai Panit 2 Unit 2 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Lampung.

Dalam amanatnya, Kapolres Tanggamus mengatakan, mutasi pejabat adalah hal biasa. Tour of duty dan tour of area, merupakan penyegaran dan peningkatan kapabilitas personel dan organisasi. Sehingga nantinya pelayanan terhadap masyarakat dapat meningkat.

“Mutasi jabatan di tubuh Polri, merupakan hal yang biasa. Tujuannya adalah sebagai upaya penyegaran, guna mencapai tujuan organisasi,” ujar kapolres.

Dalam rangka berinovasi dalam melayani masyarakat demi kemajuan Polres Tanggamus, kapolres meyakini, bahwa cukup banyak hal yang telah dicapai dua perwira lama. Sehingga, atas nama pribadi dan institusi, Kapolres Tanggamus menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ramon Zamora dan Eko Sujarwo.

“Kami semua berterima kasih atas dedikasi dan pengabdian kalian. Saya yakin, atas bekal dan pengalaman kalian selama bertugas ini, akan membuat kalian mudah beradaptasi di tempat tugas yang baru,” ujar mantan Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jawa Barat itu.

Bagi Hendra Safuan dan Adi Setiawan, kapolres mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Polres Tanggamus. Satya Widhy berharap, upaya-upaya dan inovasi yang telah dikerjakan pejabat lama dapat dipelihara dan semakin ditingkatkan oleh pejabat baru.

“Kekurangan-kekurangan yang ada, hendaknya saudara jadikan peluang untuk diubah menjadi sebuah keberhasilan bagi Kasatreskrim dan Kapolsek Cukuhbalak. Saya harapkan, saudara dapat menjalankan semua tugas dan kewajiban dengan baik, sesuai dengan fungsi. Yang terpenting, saya harapkan pejabat baru dapat mendukung Program Polres Tanggamus BAGUS (Bersih, Aplikatif, Guyub, Unggul, dan Simpatik),” pinta kapolres.

Usai upacara sertijab, Hendra Safuan menyampaikan terima kasih kepada pejabat lama atas upaya dan prestasi yang telah dilakukan selama bertugas di Polres Tanggamus. Sebagai pejabat baru, Hendra akan secepatnya beradaptasi dan berkoordinasi baik ke arah internal maupun eksternal.

“Semoga saya dapat melanjutkan program-program kasatreskrim lama. Mohon arahan dan dukungan dari pimpinan kami serta senior-senior di Polres Tanggamus dan polsek jajaran. Secara eksternal, secepatnya akan dilakukan silaturahmi dan koordinasi dengan lembaga-lembaga yudikatif lainnya di Kabupaten Tanggamus ini. Mari sama-sama kita rapatkan barisan, demi terciptanya situasi kamtibmas Tanggamus yang kondusif, aman, dan nyaman,” tandas Hendra Safuan. (Masri)