Forum Komunitas Sekolah Penggerak Nasional Kec.Cileungsi Gelar Kolaborasi Dan Diseminasi Kurikulum Merdeka

Cileungsi,Detakmedia.com – Lima Sekolah Penggerak Nasional yang tergabung dalam Forum Komunitas Sekolah Penggerak Nasional di Kecamatan Cileungsi menggelar acara Kolaborasi dan Diseminasi Kurikulum Merdeka bertajuk *Dengan Kolaborasi Kita Wujudkan Pembelajaran Paradigma Baru Untuk Mencetak Profil Pelajar Pancasila* di aula kantor Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, Kamis (2/06/2022).

Acara yang digelar sehari pasca peringatan hari lahir Pancasila 1/6/2022 tersebut dihadiri hampir seluruh Kepala Sekolah SD Negeri dan SD Swasta se-Kecamatan Cileungsi, juga tampak hadir Ketua K3S H.Iwan Setiawan, MPd didampingi Kepala Sekolah SDN Cinyosog 02 Zaenal M, MPd, Ketua dan sekretaris PGRI Kec Cileungsi Nana Mulyana MPd dan Jaja, MPd, Pengawas Sekolah Usman MPd dan Tati Kusmiati SPd MPd , Kepala Desa Dayeuh Jamhali BE, juga dihadiri Staf Kecamatan dan Camat Cileungsi Adhi Nugraha SSTP.

Acara juga disemarakkan para Guru dari 5 Sekolah Penggerak yang tampak kompak dan modis memakai Jas warna Biru bertuliskan Nama dan Sekolah Penggerak. Adapun Ke-5 Sekolah Penggerak Nasional yang tergabung dalam Forum Komunitas Sekolah Penggerak Nasional Kec Cileungsi tersebut adalah 1.SDN Babakan 03, 2.SDN Nyalindung, 3.SD Tunas Islam Global. 4.SD Cikal Cendekia dan 5.SD Nurul Islam.

Acara diisi berbagai atraksi yang cukup menghibur dari Ke-5 Sekolah Penggerak berupa Kolaborasi Diseminasi yang adalah suatu proses interaktif dalam penyampaian inovasi, yang pada akhirnya dapat mengubah pola pikir dan tindakan orang yang terlibat, singkatnya diartikan sebagai interaksi yang bisa membawa suatu inovasi.

Diseminasi juga diisi dengan pembekalan materi oleh 3 pelatih ahli yakni Husein Sutisna SP MSI, Hana Triana M.ed dan Andi Ahmadi, SPd yang memaparkan tentang kurikulum merdeka secara atraktif sekaligus menghibur peserta acara.

Sementara itu dalam sambutannya Camat Cileungsi Adhi Nugraha menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, dan juga diisi dengan pembekalan materi yang penting untuk pendidikan. Kecamatan Cileungsi yang berpenduduk 300.000 jiwa butuh pembangunan bukan hanya fisik tetapi non fisik yakni pembangunan sumberdaya manusia yaitu Pendidikan.

“Insya Allah dengan 5 embrio Sekolah Penggerak yang merupakan terbanyak se-Kabupaten Bogor akan mencetak manusia pintar juga yang punya adab dan akhlak mulia. Kita berharap Kecamatan Cileungsi termaju dalam pendidikan dan kesehatan. Untuk kesehatan kita yang terbaik di Kabupaten Bogor dalam Vaksinasi Covid-19” ungkapnya.

Sesaat pasca acara N Tintin Rondasih, MPd Kepsek SDN Nyalindung Sekolah Penggerak peserta kolaborasi mengatakan acara ini memperkenalkan bahwa selama setahun kita sudah melakukan yang terbaik. Sebagai Guru dan Kepala Sekolah pihaknya ingin menularkan atau mendiseminasikan Sekolah Penggerak, sehingga kalau bisa semua sekolah mempunyai visi dan misi yang selaras dengan perkembangan masa kini.

“Untuk kedepannya karena saat ini lagi ada projek unggulan/ ditiap-tiap sekolah penggerak berbeda-beda, untuk SDN Nyalindung akan melanjutkan dan masih ada kaitannya dengan program yang lalu, memanfaatkan barang bekas menjadi lebih bernilai, kali ini memanfaatkan area lahan terbatas, sesuai visi misi Smart, Solid, Mandiri dan Terampil” ujarnya.

Sedangkan Esti Wahyu Mudjiastutik, SPd, Kepsek SDN Babakan 03 Sekolah Penggerak peserta kolaborasi menyatakan harapan bahwa kedepannya semua Kepala Sekolah mau ikut seleksi Sekolah Penggerak Profil Pancasila, serta mau merubah mindset tentang perubahan saat ini seperti yang juga dipaparkan para pelatih ahli.

“Untuk kegiatan seperti kolaborasi ini supaya tetap diadakan, tetapi para penampil tidak sebatas dari guru guru saja, tetapi juga dari murid-muridnya” harap Esti. (Tom)