PemerintahanSumatera Utara

Hadiri Acara Customer Gathering, Aan Berharap Beltim Terang Benderang

Beltim,Detakmedia.com – Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin, menghadiri acara Customer Gathering dan Penandatanganan SPJBTL Pelanggan Prioritas PT. PLN (Persero) UP3 Belitung dengan Daya Tersambung 3.320.000 VA di Grand Ballroom Hotel BW Suite Tanjungpandan, Kamis (16/06/2022).

Aan sapaan akrab Burhanudin mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Beltim mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, mengingat pentingnya energi listrik saat ini semua pihak berharap PT PLN (Persero), terus melayani dengan layanan yang prima.

“Tentunya kita semua senantiasa berharap, PT. PLN sebagai BUMN yang mengurus semua aspek kelistrikan di Indonesia, yang bertugas untuk menyediakan dan menangani tenaga listrik untuk kepentingan umum, untuk terus memberikan dan melayani kebutuhan listrik para konsumen dengan layanan yang prima,” ucap Aan.

Ditambahkannya, kegiatan ini menjadi forum yang tepat sebagai wadah sinergi antara Pemerintah Daerah dan masyarakat baik di Kabupaten Belitung dan Beltim bersama dengan PLN.

“Kami tidak akan pernah menghalangi pihak PLN untuk memasang jaringan yang berkenaan di pulau. Apalagi sedang berkembangnya investasi di daerah pasca pandemi covid ini bisa membuat investasi-investasi bergairah kembali. Semoga Pulau Belitong secara keseluruhan dan khususnya Belitung Timur itu bisa terang benderang,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Senior Manager Niaga dan Management Pelanggan UIW Kepulauan Bangka Belitung Mustafrizal manyampaikan terdapat 220 pelanggan prioritas untuk Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung timur.

“Jumlah pelanggan prioritas secara komunitas tidak begitu banyak, dari sekitar 100 ribu lebih pelanggan yang ada di Pulau Belitong, hanya sekitar 220 pelanggan tapi berkontribusi hampir 25% dari penjualan kami,” ungkapnya.

Dijelaskannya, PLN sudah melakukan pemasangan listrik di 8 pulau kecil di sekitar Pulau Belitong, diantaranya Pulau Selat Nasik/Mendanau, Seliu, Buku Limau, Sumedang, Gresik, Kuil, Buntar dan Long. Menurutnya tahun 2022 dan 2023 akan dilakukan pemasangan kembali untuk 3 pulau kecil lainnya.

“Kami akan listriki tahun ini Pulau Rengit di Kabupaten Belitung dan ada Dua pulau di Kabupaten Belitung Timur yang kami rencanakan tahun 2023 akan kita nyalakan. Mudah-mudahan ini bisa kita realisasikan yaitu Pulau Batun dan Pulau Ketapang,” ujarnya.

Dikatakan Mustafrizal, selanjutnya PLN Kepulauan Babel mempunyai program penggantian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) menjadi PLTS untuk pulau kecil. Hal ini mengingat program dari pemerintah pusat terkait penggunaan listrik dari energi yang ramah lingkungan.

Kami akan mengganti PLTD yang berbahan bakar diesel ke PLTS atau solar cell yang ada di pulau-pulau kecil ini, karena Tahun 2060 sudah di programkan oleh pemerintah pusat bahwa Indonesia emisi karbonnya adalah nol persen jadi kita butuh listrik yang dari energi yang terbarukan dan ramah lingkungan.

Turut hadir dalam acara ini Staff Ahli Bupati Belitung, Direktur RSUD Muhammad Zein, Kabag Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Beltim, Manager PT. PLN UP3 Belitung,dan pelanggan prioritas PLN dari Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung timur. (Tomy)