PemerintahanPendidikanSumatera Barat

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Perpisahan Kls VI Sekolah Penggerak SDN Babakan 03 Berlangsung Sangat Meriah

Bogor,Detakmedia.com – Mengusung tema “Dengan Kebhinekaan Kita Wujudkan Pelajar Berwawasan Global Di SD Negeri Babakan 03 Desa Dayeuh Kec. Cileungsi” acara Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Perpisahan Kelas VI, berlangsung semarak, meriah dan penuh antusiasme seluruh hadirin, berlangsung di halaman SDN Babakan 03 Desa Dayeuh Kec Cileungsi Kab Bogor Rabu 22/6/2022.

Semarak acara yang dimulai sejak pagi pukul 8.00 WIB, diisi dengan berbagai pertunjukan sebagai bagian dari projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang berwawasan Global dari ragam kebhinekaan dihadiri oleh Kepala Sekolah Esti Wahyu Mujiastutik SPd, beserta jajaran Guru SDN Babakan 03, Komite sekolah Bunda Sabrina dan jajaran komite,

Camat Cileungsi yang diwakili oleh Kasi Dikkes Ratna Heriani, Sie Kurikulum Merdeka Kab Bogor dan Pelatih Ahli Yusef Gunawan, MPd, Fasilitator SDN Babakan 03 dan Pelatih Ahli Husen Sutisna, SP. MSI, Pengawas gugus V, Tati Kusmiati, MPd, Pengawas Lilis Setiati, SPd, Kepsek SDN 05 Cileungsi Jaenudin SPd, Kepsek SDN Babakan 04 Omay Komariah SPd, ratusan orang tua dan murid SDN Babakan 03.

Ratna Heriani dalam sambutannya mengatakan pihak PemCam Cileungsi mengapresiasi SDN Babakan 03 sebagai salah satu Sekolah Penggerak yang mengangkat dan membanggakan Kec Cileungsi dan pada program Vaksinasi Covid-19 tempohari juga membantu mensukseskannya.

“Mengingat Pandemi Covid-19 belum berakhir dan malah timbul varian baru dan yang terpapar pun sudah ada kemarin ada 6 orang terpapar, oleh sebab itu mari jangan lengah tetap jaga Prokes dan pake masker” harapnya.

Sementara itu Husen Sutisna dalam sambutannya menggugah hadirin dengan memulai perkataan bahwa anak-anak luar biasa dihasilkan oleh orang tua yang luar biasa.

“Sesuai dengan tema kali ini, Dengan kebhinekaan yang berwawasan global kita mendidik generasi yang berkarakter dan memahami bahwa kita NKRI, satu sebagai bangsa Indonesia harus saling menghargai, menghormati siapapun, kita saudara, sebangsa, saling memuliakan, saling membantu dunia dan akhirat” harapnya yang mendapat applaus dari orang tua murid.

Kemeriahan acara diisi berbagai penampilan baik tarian, nyanyian dan lainnya dari murid-murid SDN Babakan 03, juga diselingi dengan pemberian buket bunga dari Komite Sekolah kepada Kepsek Esti Wahyu Mujiastutik sebagai bentuk apresiasi Komite atas prestasi dan kepemimpinannya di SDN Babakan 03. Lainnya Kepsek dan Guru-guru juga memberikan bingkisan kepada Husen Sutisna sebagai fasilitator dan pelatih ahli di SDN Babakan 03.

Kepada awak media, Kepala Sekolah Esti Mujiastutik menyatakan dan memaknai projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini sebagai upaya agar kita bisa bertoleransi dengan perbedaan yang ada. Agar tidak ada lagi pembullyan yang mengarah pada perbedaan suku, agama dan ras (SARA).

“Kita bersaudara, satu tanah air Indonesia. Agar kita lebih mencintai dan melestarikan budaya nasional. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya sesuai bakat dan perkembangan nya” jelasnya.

Esti berharap kepada murid, orang tua, komite dan masyarakat hendaknya selalu berkolaborasi dan bersinergi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Cileungsi khususnya di Desa Dayeuh.

Lanjutnya terkait perpisahan kelas 6 semua lulus (96 orang) dengan nilai terbaik, “Harapan nya agar semua siswa melanjutkan pendidikan ke SMP baik negeri, swasta maupun pesantren. Dan meninggalkan kesan yang baik terhadap guru dan adik kelasnya, tetap menjaga nama baik almamater SD Negeri Babakan 03. Jika sukses mengikuti jejak kakak-kakak kelasnya dalam komunitas AIS Bakti ( Alumni Infak Silaturahmi Babakan 03 )” tutupnya.

Bunda Sabrina dari Komite Sekolah menyatakan rasa syukurnya bahwa acara hari ini berjalan baik, lancar dan meriah.

“Alhamdulillah berkat kerjasama, kekompakan dan sinergitas dewan guru, komite, murid dan orang tua murid, acara semeriah ini bisa berlangsung” ujarnya.

Sabrina berharap untuk kedepannya tetap ada event seperti ini dimana terjalin kolaborasi dan peningkatan kekompakan, sinergitas antara Komite Sekolah, Dewan Guru, dan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan pembelajaran atau pendidikan khususnya di SDN Babakan 03 dan Kec Cileungsi pada umumnya. (Tom)