PeristiwaSumatera Utara

Kebakaran Hanguskan 5 Rumah Dikampung Adat Kuta Ciamis

Ciamis,detakmedia.com – Kebakaran terjadi dilokasi kampung adat kuta desa karangpanimbal,kecamatan tambaksari kab.ciamis (12/07/22).

Kejadian yang begitu cepat saat terjadi kebakaran diketahui oleh kepala dusun kampung kuta.

Saat dikonfirmasi kepala dusun kampung kuta,didi menyampaikan bahwa saya mengetahui bahwa api sedang melalap begitu besar disalah satu rumah warga.

Sampai saat ini tercatat ada 5 rumah warga yang dilalap api sampai rata dengan tanah.

Untuk jumlah jiwa ada sekitar 15 orang dari 5 rumah saat ini mengungsi dirumah kerabat.

Tadi bantuan datang dari damkar kab.ciamis dan trantib kab.ciamis yang ikut mengirim mobil pemadam dan dua tengki air untuk pemadaman api.

Didi menyampaikan bahwa indikasi kebakaran belum diketahui,untuk korban jiwa tidak ada dan total kerugian masih dihitung yang sudah jelas rumah habis tak bersisa.

Semoga pihak pemerintah dapat bereaksi cepat guna membantu warga terdampak kebakaran,pungkasnya.

Saat mengkonfirmasi kepala damkar kabupaten ciamis,beliau menyampaikan bahwa kondisi lokasi yang memang lumayan jauh ditambah dengan titik lokasi yang sangat minim dari sumber air jadi kondisi dilapangan lumayan membuat pemadaman lambat.

“Kami pun tadi dibantu oleh trantib yang menerjunkan mobil damkar dan dua tengki air untuk pemadaman api.

Dari hari observasi dilapangan kebakaran terindikasi dari konsleting listrik dirumah salah satu warga sehingga memicu percikan api.

Selain itu kondisi bangunan yang sangat mudah terbakar karena dominasi kayu dan ijuk pada bagian atap.

Jadi ketika percikan api terbawa angin sangat mudah api menjadi membesar dari percikannya pun.

Semoga keluarga korban dapat diberikan kesabaran dari musibah yang terjadi dan tidak ada lagi kejadian serupa terjadi dikabupaten ciamis.

Selanjutnya kami akan melaporkan langsung terhadap pak bupati kejadian ini guna tindaklanjut untuk distribusi bantuan dan lainnya,” pungkasnya. (Suryatno)