Kecamatan Manggar Layani Administrasi Dasar di Bazar UKM

Beltim | Detakmedia.com

Pemerintah Kecamatan Manggar membuka pelayanan administrasi dasar bagi masyarakat di stand Kecamatan Manggar selama bazar Usaha Kecil Menengah (UKM) berlangsung mulai tanggal 21-23 Juli 2022 di Lapangan Yagor Manggar.

“Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat itu dibuka selama pameran berlangsung dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-75,” kata Camat Manggar Abdul Rachim yang akrab disapa Boim saat ditemui di Lapangan Yagor, Kamis (21/7).

Pihaknya berupaya mendekatkan pelayanan administrasi kepada warga sehingga pelayanan publik lebih maksimal. Bentuk pelayanan itu diantaranya pelayanan perijinan, ijin dispensasi nikah, membuat Nomor Induk Berusaha (NIB), surat keterangan ahli waris, Surat Keterangan Tanah (SKT), Akta pelepasan Hak (APH), hak milik kapal dan lain-lain.

Selain itu, Boim mengungkapkan bahwa saat ini pelaku UKM harus memiliki terobosan untuk terus berinovasi terhadap bisnis dan pemasarannya. Desain produk sebagai alat bantu pemasaran saat ini berkembang pesat. Para pelaku UMKM dituntut meningkatkan kreatifitas terkait pembuatan desain logo dan kemasan produk UMKM. Maka pihaknya menyediakan layanan konsultasi gratis pembuatan logo.

“Logo memiliki peran yang penting sebagai identitas suatu produknya UMKM. Untuk itu, kita berikan layanan konsultasi gratis pembuatan logo bagi pelaku UMKM karena dengan adanya logo itu, pelaku UMKM bisa melanjutkan pengurusan perijinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT),” ujar Boim. (Tomy)