Dalam Rangka HUT Korem 061/SK ke-73 dan HUT Kemerdekaan RI ke-77, FKPPI Rayon Cileungsi Bogor Gelar Donor Darah

Cileungsi | Detakmedia.com

Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Rayon Cileungsi menggelar bakti sosial aksi kemanusiaan Donor Darah dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan HUT KOREM 061/SK Ke-73 di Metropolitan Mall Cileungsi (MMC) Metland Cileungsi Kabupaten Bogor, Sabtu 27 Agustus 2022.

Kepada awak media, Firmansyah selaku Ketua Panitia mengatakan aksi sosial kemanusiaan donor darah ini dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan HUT KOREM 061/SK ke-73 kerjasama dengan berbagai pihak dan MMC yang memfasilitasi tempat.

“Alhamdulillah acara sejak dimulai tadi sekitar jam 11.00 WIB berjalan dengan baik. Kita optimis target 120 orang pendonor akan tercapai sesuai kuota dari PMI. Pendonor diprioritaskan dari dari keluarga FKPPI, karyawan MMC juga masyarakat umum dan khusus diperbanyak pemilik golongan darah A dan AB, karena kedua golongan darah ini masih sangat kurang”, ujarnya.

Secara terpisah Staf Management MMC, Uca S yang juga sebagai Dewan Pembina FKPII Rayon Cileungsi dirinya sangat mendorong kegiatan seperti ini dikarenakan informasi PMI Kab Bekasi sebagai pemasok kantong darah untuk RS Hermina dan lain-lain di Cileungsi kebutuhan darah sebanyak 4.000 kantong.

“Khusus di wilayah Cileungsi sangat dibutuhkan darah bagi penderita Thalasemia yaitu penderita yang mempunyai kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (Hemoglobin) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal, diketahui ada sekitar 200 orang.

Mereka harus rutin mendapatkan transfusi darah dalam jangka waktu tertentu. Hal ini juga yang mendorong kesadaran kita untuk proaktif dalam kegiatan donor darah seperti yang dilaksanakan di MMC ini,” jelas Uca S yang dikenal aktif diberbagai organisasi.

Sementara itu Ketua FKPPI Rayon Cileungsi Pundung Tugus Wibisono, SE, (Tugus) mengatakan: Kegiatan donor darah seperti ini sudah menjadi program FKPPI akan dilaksanakan rutin, sebisanya per triwulan, dengan cara tempatnya berpindah-pindah, bisa di Koramil, Polsek atau tempat lain seperti MMC ini, guna menjangkau dan memenuhi kepedulian anggota FKPPI yang tersebar untuk mengikuti kegiatan donor darah.

Tugus berharap ke depannya FKPPI dapat lebih melakukan kegiatan sosial dan membantu kebutuhan masyarakat yang menyangkut kesehatan.

“Kita melihat antusiasme masyarakat, hal ini terbukti sampai pukul 12.00 WIB saja sudah terdaftar pendonor sebanyak 70 orang, padahal kegiatan baru dimulai pukul 11.00 WIB”. Rencana sebelumnya menjangkau pendonor sebanyak 300 orang, namun karena kantong donor yang tersedia dari PMI Kab Bekasi mitra kita, jadi kita hanya bisa menargetkan 120 orang,” pungkas Tugus.

Kegiatan donor darah berjalan dengan lancar. Danramil 2061 Cileungsi Mayor (Inf) Chusnun Anwarudin hadir memonitor dan memberi support kepada keluarga besar FKPPI, juga turut hadir Wakapolsek Cileungsi AKP Eddy S., AKP Frida Kanitlantas, Kades Mekarsari Hj Nasih, Babinsa Peltu Edi Nuryo, Bhabinkamtibmas Aipda H Usman, Ketua KNPI Cileungsi, sesepuh dan juga angggota FKPPI dari berbagai wilayah di luar Rayon Cileungsi. (Tom)