Jawa BaratSumatera Utara

Disperindagkop Kota Banjar Gelar Seminar UMKM Diareal Toserba Pajajaran

Banjar|Detakmedia.com

Seminar pelatihan UMKM Juara digelar oleh Disperindagkop Kota Banjar berjalan dengan lancar dihalaman Toserba Pajajaran dari tanggal 03-04 September 2022.

Penyelenggara kegiatan berasal dari disperindagkop kota banjar dengan pemateri dari toserba pajajaran. Tamu undangan terlihat dari mulai Lurah Banjar yang hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dalam pelaksanaan Tatang Nugraha SE M.si Kabid KUKM Diskukmp Kota Banjar menyampaikan, yang mendapat pelatihan hari ini UMKM binaan baru sebanyak 135 orang dan ukm unggulan lama 15 orang.

“Kategorinya yang dijadikan acuan Craft, fashion, minuman, snack dan jajanan pasar,” ujarnya.

Sementara peserta tersebut merupakan tergabung dalam program UMKM juara yang telah kami berikan fasiltasi pelatihan, pendampingan legalitas, permodalan dan pemasaran,” tambahnya.

“Harapannya semoga UMKM semakin bergeliat dan membuka akses pemasaran sehingga ekonomi semakin tumbuh,” tutur Tatang.

Ketua pelaksana Pipit hijra menambahkan, peserta UMKM khusus dengan kriteria tertentu sesuai juklak juknis yang sudah ditentukan dari dinas KUK Prov Jabar.

“Antara lain dengan Omset minimal 100 juta per tahun misalnya. Pelatihan yang diberikan antara lain berkaitan dengan legalitas usaha Pemasaran produk dan akses permodalan,” ujarnya.

Bantuan lain berupa rekomendasi pameran produk UKM dalam dan luar negeri masuk pasar modern.

“Harapan kami meski program umkm juara 2022 hanya berlangsung 4 bulan dari juni – september. Tapi semangat untuk tetap maju dan menempuh apa yang seharusnya dijalankan dari seorang entrepreneur harus selalu ada ditiap pelaku usaha,” harapnya.

Kedepan kami mohon ada lebih banyak pihak yang bisa berkolaborasi dalam mengembalikan ekonomi kota Banjar untuk semakin membaik, pungkasnya. (Suryatno)