Siswa-siswi SUPMN Kotaagung Kabupaten Tanggamus Angkatan XIX Dilantik

Tanggamus | Detakmedia.com

Sekolah SUPM Kotaagung Kabupaten Tanggamus mengadakan pelantikan siswa siswi tahun 2022 yang bertempat di lapangan upacara SUPMN, Selasa (27 September 2022)

Dalam kegiatan di hadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II atau yang mewakili – Kepala BNN Tanggamus – DAN POS AL Kotaagung – Ketua MKK SMK – Pengawas Sekolah SMK – Camat Kotaagung Barat – Kepala Pekon Way Gelang – Komite Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan SUPM Negeri Kota Agung, Bapak/lbu orang tua Calon Siswa/I Angkatan 19.

Sebagai ketua pelaksanaan Rian Yunato dalam laporan nya menyampaikan, Siswa Siswi yang dilantik berjumlah 91 siswa dari 3 Program Keahlian, adapun Program Keahlian tersebut adalah, 1. Nautika Kapal Penangkap Ikan, sebanyak 37 Siswa, 2. Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut, sebanyak 32 Siswa dengan rincian 15 Siswa & 17 Siswi, 3. Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan, sebanyak 22 Siswa dengan rincian 10 Siswa & 12 Siswi,” jelasnya.

Acara pelantikan di pimpin Kepala Sekolah SUPMN Kotaagung Khairuddin HS M.Si dalam sambutan nya mengatakan,

“Terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya tentunya saya sampaikan kepada Seluruh Civitas Akademika SUPM Negeri Kota Agung atas kerjasamanya sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik, Tidak lupa pula saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/lbu orang tua/wali siswa/l atas kehadirannya pada acara yang baik ini,” katanya Khaerudin.

“SUPM Negeri Kota Agung merupakan salah satu dari 5 Sekolah Tingkat Menengah dibawah Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga memiliki Pendidikan Tinggi dan Politeknik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Lembaga Pendidikan Kelautan dan Perikanan ini memiliki sistem pendidikan yang sama yaitu wajib tinggal di asrama (Boarding school) dan menerapkan pola pendidikan Teaching Factory dengan komposisi kurikulum 70% praktek dan 30% teori,” paparnya.

“Pendidikan Kelautan dan Perikanan bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan yang Disiplin, Cakap, Terampil, memiliki jiwa wirausaha sebagai bekal dalam mengelola potensi kelautan dan perikanan yang begitu besar serta mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai Negara Maritim,” imbuhnya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan alokasi dana pendidikan bagi seluruh Siswa/l SUPM selama masih tersedia sehingga seluruh Siswa/I, “tandasnya. (Masri Sp)