Cegah Kanker Serviks, Bhayangkari Cabang Banjar Lakukan Pemeriksaan PAP Smear

Banjar | Detakmedia.com

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan perempuan untuk mendeteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim (PAP Smear) dilaksanakan Pengurus Cabang Bhayangkari Banjar dalam acara Bhayangkari Peduli yang dilaksanakan di Aula Presisi Polres Banjar, Sabtu (12 November 2022).

Dalam kesempatan itu, hadir Kapolres Banjar selaku Pembina Bhayangkari dan Ketua Bhayangkari Cabang Banjar Ny.Nita Bayu, serta Kasidokkes Polres Banjar dan perugas medis dari Kimia Farma Tasikmalaya.

Pemeriksaan kesehatan PAP Smear dalam acara Bhayangkari Peduli kerjasama antara Klinik Polres Banjar bersama Lab Kimia Farma Tasikmalaya, sebanyak 16 orang berhasil melaksanakan pemeriksaan PAP smear terdiri dari 12 orang Bhayangkari dan 4 orang Polwan.

Ketua Bhayangkari Cabang Banjar Ny.Tina Bayu menyampaikan dengan adanya Bhayangkari Peduli ini diharapkan para ibu sadar bahwa kesehatan itu sangat penting dan kesempatan yang sangat baik.

Tentunya pencegahan juga tidak kalah pentingnya. Dan beruntung sekali, saat ini kaum perempuan semakin sadar dengan kesehatan, salah satunya dengan melaksanakan pemeriksaan PAP Smear.

“Dengan melakukan pemeriksaan PAP Smear ini kita bisa mengetahui lebih dini, kalau ada penyakit kanker dalam tubuh kita. Karena penyakit kanker serviks ini jika sudah diketahui dapat segera bisa ditangan,” ucapnya.

Ketua Bhayangkari Cabang Banjar pun berharap, kegiatan ini bisa bermanfaat bagi Bhayangkari dan Polwan untuk mengetahui sejak dini gejala kanker, sehingga jika ada yang positif dapat ditangani secepatnya. Dan kita terapkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, harapnya.

Kegiatan ini bersamaan dengan hari Kesehatan Nasional yang ke 58, pengurus daerah jawab barat melaksanakan Bhayangkari Peduli kesehatan, kesadaran para ibu-ibu Bhayangkari dan Polwan untuk memperhatikan Kesehatan. (Suryatno)