Hukum & KriminalSumatera Barat

Demi Meraup Keuntungan, Pangkalan Gas Elpiji Di Cileungsi Diduga Terima Selundupan dan Oplos Gas

Cileungsi | Detakmedia.com

Diduga untuk meraup keuntungan berlipat ganda, seorang oknum pengusaha pangkalan gas bersubsidi 3 kilogram di Cileungsi menadah penyelundupan gas bersubsidi.

Pangkalan itu diduga terima penyelundupan dari wilayah Bekasi dan wilayah lainnya untuk disalurkan kepada para penadah mafia gas.

Seperti yang terpantau awak media di samping perumahan Griya Kenari Mas yang tak jauh dari kediaman Anggota Dewan Kab. Bogor, Cileungsii Kidul Kec Cileungsi Kabupaten Bogor, Rabu (16 November 2022).

Seperti diketahui gas melon 3 kilogram ditandai dengan seal berbeda tiap wilayah, seharusnya gas 3 kilogram yang ada di pangkalan itu adalah seal coklat (wilayah Bogor).

Namun tampak banyak barang subsidi gas 3 kilogram yang berasal dari wilayah Bekasi (seal hijau) yang ditampung pihak pengusaha pangkalan tersebut dan informasi yang dapat dipercaya bahwa diduga kuat gas melon yang membelot dari wilayah lain/luar Kab Bogor.

Lalu kemudian gas ini untuk dijual kepada penadah mafia gas dan para pengoplos untuk di suntik ke dalam tabung gas 12 kilogram bersubsidi. Lalu hasil suntikan itu ditampung kembali oleh pangkalan tesebut kemudiaan disalurkan ke pasaran.

Melihat fenomena perilaku oknum mafia penyelundupan gas bersubsidi 3 kilogram asal Bekasi yang dilakukan pihak pangkalan nakal untuk meraup keuntungan berlipat-lipat itu menjadi sorotan dan perhatian Ketua LSM Penjara Indonesia Kabupaten Bogor.

“Pihak kepolisan maupun BP Migas ataupun instansti terkait harus segera menindak pengusaha pangkalan tersebut dan harus dicabut izin pangkalannya,” ujar Suhaimi selaku Ketua DPC LSM Penjara Indonesia Kabupaten Bogor yang kerap dipanggil Uus.

Polsek Cileungsi dalam hal ini Kapolsek Cileungsi beserta jajarannya harus berani menindak pelaku yang berada di wilayah hukumnya,” tambahnya.

Uus menegaskan komitmennya bahwa LSM Penjara Indonesia Kabupaten Bogor akan memantau kinerja Polsek Cileungsi dalam memberantas pangkalan-pangkalan gas yang nakal serta para mafia gas pengoplos gas 3 kilogram yang disuntikkan kedalam tabung gas 12 kilogram demi meraup keuntungan yang besar.

“Kita lihat dan akan pantau kinerja Kapolsek Cileungsi yang baru menjabat dalam bulan ini,” tutupnya.

Sementara itu seorang warga yang namanya tidak mau disebut yang bertempat tinggal tak jauh dari pangkalan gas, mengatakan dirinya seringkali melihat gas melon 3 kilogram dengan seal bermacam-macam.

“Ketika lewat pangkalan itu, Saya melihat gas melon 3 kilogram itu ada seal hijau, putih, pink dan coklat, tapi saya kurang paham itu, setahu saya yang di rumah ya seal coklat,” ujarnya saat wartawan minta informasi. (Tom)

Loading