Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58, Dinkes Tanggamus Gelar Jalan Sehat dan Apel Bersama

Tanggamus|Detakmedia.com

Dalam Rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus menggelar kegiatan Jalan Sehat dan Apel Bersama, Di Lapangan Pemkab Tanggamus, Kamis (17/11/22).

Kegiatan yang di buka langsung oleh Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, dan di hadiri Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Syafi’i, Asisten II Sukisno, Asisten III Jonsen Vanessa,Kadis Kesehatan Kabupaten Tanggamus Taufik Hidayat, Direktur RSUD Batin Mangunang Dr Mery Yosefa, Direktur RS Panti Secanti Dr. Andreas Hendra Hidayat, Serta Seluruh tenaga kesehatan se Kabupaten Tanggamus.

“Alhamdulillah pada hari ini kami melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan hari Kesehatan Nasional yang ke 58. Dengan menggelar kegiatan Jalan Sehat,” kata Bupati dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu juga, bupati melepas kegiatan Jalan Sehat. Yang nantinya akan di lanjutkan dengan upacara dan kegiatan lainnya.

“Semoga menjadi keberkahan untuk kita semuanya, tetap sehat, tetap semangat sesuai juga apa yang akan menjadi Tema peringatan hari Kesehatan Nasional. Yaitu “Bangkit Indonesian Sehat Negeriku” Semoga kita menjadi insan insan bangsa yang tangguh, Agamis mandiri unggul dan sejahtera,” ucap Bupati.

Sementara itu selaku Inspektur upacara Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Syafi’i mengatakan dalam sambutanya, Krisis Kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih, namun ditengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur karena mampu menghadapi krisis ini dan membuktikan sebagai bangsa yang Tangguh yang saling melindungi dan saling berbagi.

“HKN ke-58 mengangkat tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimis seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secar Bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi Kesehatan di masa pandemi COVID-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat Kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia Kembali bangkit dan Kembali sehat,” Kata Wabub.

Wabub juga menambahkan, HKN ke-58 menjadi momentum bagi kita untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem Kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan sekaligus bentuk kesiapan dalam menghadapi masalah Kesehatan di masa akan datang.

“Dengan rasa syukur dan bangga pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan terimakasih kepada jajaran Kesehatan yang telah memperkuat tatanan Kesehatan terutama kesiapsiagaan menghadapi pandemi yang masih terus berlangsung ini dengan bahu membahu tanpa mengenal lelah. Gagasan yang besar membutuhkan energi dan koordinasi lintas sektor secara nyata,” ujar Hi AM Syafi’i.

Wabup berharap semua insan Kesehatan agar terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, diantaranya melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan mencuci tangan dengan sabun.

Terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup dan terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan Kesehatan terbaik kepada masyarakat,” tutupnya. (Masri Sp)