Hukum & KriminalPemerintahanSumatera UtaraTNI/POLRI

Polres Belitung Timur Amankan Tambang Illegal Sebanyak 8 Set Jenis Rajuk Ponton Yang Beroperasi Di Sungai Manggar

Beltim | Detakmedia.com

Tim Gabungan Polres Belitung Timur dari Sat Reskrim, Sat Polairud, Sat Intelkam, dan Sat Samapta yang dipimpin langsung oleh Kapolres Belitung Timur melakukan penindakan tambang ilegal jenis rajuk ponton/apung di Wilayah Sungai Manggar yang masuk dalam kawasan Hutan Lindung Pantai Burung Mandi Ds. Sukamandi Kec. Damar Kab. Beltim, Kamis (17 November 2022).

Penindakan yang dilakukan aparat gabungan Polres Belitung Timur ini berdasarkan laporan masyarakat, dimana laporan masyarakat tersebut menyebutkan bahwa ada kegiatan penambangan ilegal di lokasi tersebut.

Kasat Reskrim Polres Belitung Timur Iptu Fajar Riansyah Pratama, S.T.K., S.I.K., M.H seijin Kapolres Belitung Timur AKBP Taufik Noor Isya, SIK mengatakan bahwa penindakan tambang ilegal jenis rajuk ponton/apung di lokasi yang masuk Kawasan HLP Burung Mandi tersebut berdasarkan laporan masyarakat.

“Dari laporan tersebut, kemudian langsung kita ambil langkah-langkah dengan melakukan tindakan mendatangi lokasi tambang,” ujar Iptu Fajar.

Kata Iptu Fajar, Dirinya dengan Sat Reskrim, Sat Polairud, Sat Intelkam dan Sat Samapta datang bersama ke lokasi dan menemukan aktifitas penambangan sedang berlangsung.

“Kemudian kita lakukan penindakan, dan hasil dari penindakan didapati 25 (dua puluh lima) penambang dengan menggunakan sarana prasarana tambang sebanyak 8 (delapan) set rajuk ponton di wilayah Sungai Manggar Ds. Sukamandi Kec. Damar Kab. Belitung Timur,” ungkap Iptu Fajar.

Selanjutnya Pihak Kepolisian Resor Belitung Timur mengamankan para pekerja tambang guna proses lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang diamankan adalah 8 (delapan) Set rajuk ponton/apung dan untuk saat pihak Sat Reskrim Polres Belitung Timur masih melakukan proses pemeriksaan lebih lanjut kepada penambang yang beroperasi di lokasi tersebut. (Tomy)

Loading