Bupati Tanah Datar Kukuhkan Satlinmas Dari 75 Nagari

Tanah Datar I, Detakmedia com

Berharap kondusif dan tetap terjaganya ketertiban ditengah-tengah masyarakat, sebanyak 1.185 Tenaga Linmas (perlindungan masyarakat) Kabupaten Tanah Datar dikukuhkan Bupati Eka Putra, SE, MM. Kegiatan ini sengaja dihelat dalam sebuah apel akbar pada Kamis (01/12) di lapangan hijau Bola Kaki Gumarang Batusangkar.

Bupati Eka Putra yang didampingi Wabup Richi Arpian Periksa Barisan Peserta Apel Besar sesaat sebelum Apel Besar digelar

Dalam amanat yang dibacakannya Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh linmas dari 75 nagari yang hadir dan seluruh peserta apel besar tersebut.

Bupati Eka Putra berharap Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) semakin solid dan bekerja sepenuh hati dalam menjaga ketertiban dan keamanan ditengah-tengah masyarakat.

“Perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib Pemerintah yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan sejajar dengan lima urusan dasar lainnya seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, kawasan permukiman serta sosial kemasyarakatan,” ucapnya.

Dikatakan Eka Putra, Satlinmas dari unsur masyarakat yang dibentuk oleh Wali Nagari bertugas melaksanakan perlindungan masyarakat lingkup Nagari, dari itu Satlinmas sangat penting dan strategis bagi jalannya roda pemerintahan di daerah sehingga perlu mendapatkan perhatian yang lebih.

“Apel besar dan Pengukuhan Satlinmas ini adalah sebagai upaya untuk menyukseskan pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) Serentak pada tahun 2023 mendatang di 54 Nagari di Kabupaten Tanah Datar dan juga dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak 2024 mendatang,” ujarnya.

Photo sebagian Satgas Linmas yang dikukuhkan (Photo Prokopim TD)

Kepada seluruh Satlinmas yang dikukuhkan, Bupati Eka Putra berharap untuk menjadi garda terdepan dalam mengawal dan mensukseskan pemilihan Wali Nagari (Pilwanag), Pemilu Legislatif dan Pilkada Serentak agar berlangsung aman, jujur, adil, bermartabat, berkualitas serta berintegritas.

“Dari informasi KPUD Tanah Datar sebanyak 1.249 TPS yang mana per TPS nya dijaga dua orang Satlinmas sementara yang dikukuhkan saat ini baru 1.185 orang, artinya kita masih kekurangan sebanyak 1.313 orang petugas lagi yang ditempatkan di TPS,” ulasnya.

Bupati Eka Putra menambahkan, agar Satlinmas yang baru dikukuhkan selalu siap siaga dalam mengantisipasi serta menghadapi ancaman bencana alam di Tanah Datar karena kondisi cuaca hujan dan angin kencang masih cukup tinggi akhir-akhir ini.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra juga berpesan kepada seluruh Satlinmas agar melaksanakan tugas dengan baik, tingkatkan profesionalisme dan humanisme dalam bertugas, selalu menjaga kewaspadaan dan selalu siap dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat, selalu berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta instansi lainnya, tidak terlibat narkoba, penyakit masyarakat (pekat) dan norma hukum lainnya, serta tanggap dengan segala situasi.

Hal senada juga disampaikan Kasatpol PP Harfian Fikri, jika kebutuhan Satlinmas di Tanah Datar masih belum mencukupi, dari itu masih diperlukan penambahan namun itu tentu bergantung pada anggaran daerah.

“Satlinmas per-TPS itu minimal dua orang kalau masih kurang tentu akan dilibatkan dari Nagari, bisa saja per Nagari itu 10 hingga 15 orang karena ini tugasnya juga banyak untuk menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat,” sebutnya.

Turut hadir saat apel besar dan pengukuhan tersebut Wakil Bupati Richi Aprian, SH, MH, Kepala OPD, Forkopimda dan undangan lainnya. (Sumber Forkopim-TD/ B-eM)