Peristiwa

Minggon Terakhir Tahun 2022 Kecamatan Cileungsi, 3 Orang Kades Berhalangan Hadir

Cileungsi l Detakmedia.com

Minggon terakhir Tahun 2022, Rapat Muspika bersama pemangku jawatan Kecamatan lainnnya serta Kades se-Kecamatan Cileungsi (12 Desa) namun 3 orang Kades berhalangan hadir dan diwakilkan kepada stafnya. Minggon kali ini yang menjadi tuan rumah adalah Desa Cileungsi Kidul yang dilaksanakan di Pendopo Sarah, RT 02 RW 08 Kp Bojongkaso Cileungsi Kidul Kec Cileungsi Kab Bogor Rabu 7/12/2022.

 

Sesi kata sambutan yang pertama oleh Kapolsek Cileungsi Kompol Zulkarnaen SH, S IK MH yang memperkenal diri baru bertugas jadi Kapolsek sejak 16 Nopember 2022 lalu, tetapi Cileungsi tak asing baginya karena beberapa tahun lalu menjabat Kanitreskrim Polsek Cileungsi dan baginya hari ini menjadi Minggon pertama dan terakhir Tahun 2022. Selain itu Kapolsek mengaku baru bisa menyambangi 3 Desa, karena padatnya jadwal kerja dan akan dilanjutkan bersilahturahmi minggu depan.

 

“Cileungsi masuk wilayah strategis persinggahan, perbatasan baik dengan Bekasi-Jakarta dan wilayah lainnya sekaligus potensi kerawanan yang tinggi untuk itu mari kita tingkatkan kewaspadaan menjaga Kamtibmas, berbagai modus penipuan lewat aplikasi, skimming dan lainnya, mari bapak-bapak Kades ingatkan warganya”, pinta Kapolsek Zulkarnaen.

 

Kemudian Camat Cileungsi Adhi Nugraha, S.STP pertama tama mengingatkan hadirin perlunya kedisplinan waktu dalam setiap mengikuti pertemuan.

“Kali ini adalah Minggon terakhir 2022, sudah full giliran tiap Desa termasuk acara Coffee Morning, tadi pak Kapolsek datang duluan dan juga pak Danramil, makanya kata sambutan pertama kita persilahkan pak Kapolsek, malu kita yang Sipil ini sama beliau”, sentil Camat Adhi.

 

Adhi mengapresiasi Kades Cileungsi Kidul yang sudah memfasilitasi tempat pertemuan yang bagus Pendopo Sarah, selain itu suasana segar dan sunyi dari keramaian, pas untuk tempat pertemuan. Juga atas gerakan Kesetiakawanan sosial dari warga Kecamatan Cileungsi untuk membantu korban gempa Cianjur.

 

Adhi mengingatkan terkait himbauan Kapolsek agar setiap Desa melaporkan baik via WA setiap kejadian berpotensi kerawanan sosial, dan harus diarsipkan, dan berpedoman pada tata aturan naskah Pemkab Bogor. Nanti akan dilombakan pengadministrasian tiap Desa.

 

Adhi menginformasikan terkait akan adanya lomba tim senam Pancakarsa yang langsung diikuti tiap Desa ke timgkat Kabupaten, berbeda dengan sebelumnya yang dilombakan pada tingkat kecamatan lalu pemenang mewakili ke Kabupaten. Adhi juga menyatakan apresiasi Tim IWbA-woodball melampau target dapat 4 medali emas dalam Porprov Jabar, yang sudah mengharumkan Cileungsi (Ketua IWbA adalah Kades Pasirangin Ismail HS).

 

Hal lainnya diingatkan Adhi terkait serapan anggaran yang masih ditingkat 70 an persen agar dipercepat, juga proyek Samisade tahap 1 dipercepat untuk mengajukan pencairan tahap 2, juga terkait Rutilahu, lomba TP PKK, KRL, Permakanan warga, memberi makan lansia,program stunting, dan terkuak Desa Jatisari terbaik se-Kabupaten Bogor dalam penanganan stunting.

 

Sementara itu Danramil Mayor Inf Kusnun Anwarudin pertama-tama mengapresiasi Kades Dayeuh Jamhali BE, SE yang sukses melaksanakan Tabligh Akbar (6/12/2022) dengan menghadirkan Penceramah Nasional UAS -Ustad Abdul Somad.

 

“Tidak gampang menghadirkan beliau (UAS), sekali lagi terimakasih untuk pak Kades dan acaranya kemaren berlangsung sangat baik bahkan mendapatkan perhatian/pantauan langsung dari Kodam, kegiatan ini sangat sangat penting untuk membangun pondasi Agama yang kokoh bagi warga masyarakat”, ungkap Kusnun

 

Danramil mengajak seluruh pemangku jawatan se-Kecamatan Cileungsi untuk bekerjasama dalam segala bidang aspek kemasyarakatan, demi terciptanya kondusifitas di masyarakat.

 

Kepala UPT Puskesmas Cileungsi dr Faraitody Itamy, menginformasikan perkembangan covid-19 dan ketidakketersediaan vaksin sinovac saat ini, dan juga pemaparan terkait sosialisasi ragam dan pentingnya Imunisasi.

 

UPT Pajak mensosialisasikan 10 jenis penerimaan pajak dan 9 jenis penerimaan pajak di Kecamatan Cileungsi, salah satu yang sangat familiar PBB. Terkuak informasi Kecamatan Cileungsi rangking 3 realisasi penerimaan pajak se-Kabupaten Bogor. Untuk PBB Desa Mampir diperingkat pertama disusul Desa Limusnunggal.

 

Selanjutnya dalam sesi tanya jawab Kades Dayeuh Jamhali BE, SE yang juga Ketua Apdesi menginformasikan terkait program internal Apdesi yang harus diselesaikan tahun 2022 ini, baik Samisade, ketahanan pangan, dan bersiap menyongsong program di tahun 2023.

 

Kades Cileungsi Kidul Rudi Sukarya, SE, kepada awak media menyatakan rasa syukurnya sebagai tuan rumah memfasilitasi rapat Minggon Kecamatan Cileungsi dapat melaksanakan kegiatan tesebut. Rudi mengaku di-support pengelola Pendopo Sarah, dan tamu memberikan respon positif terkait kenyamanan, kesegaran alami tempat (Pendopo Sarah).

 

“Intinya kita bersyukur rapat Minggon dapat berjalan dengan baik, lancar, aman, nyaman di tempat ini (Pendopo Sarah) apalagi kali ini adalah Minggon terakhir/pamungkas di tahun 2022” pungkas Rudi.

(Tom)

Loading