Lima Calon Kades Ditetapkan Untuk Berkompetisi Pada Pilkades Kembang Kuning Kec Klapanunggal

Kalapanunggal.
Proses tahapan Pilkades Kembang Kuning makin nyata dan menghangat dengan dilaksanakannya kegiatan Penetapan Calon Kepala Desa Kembang Kuning periode 2023-2029 di aula kantor Desa Kembang Kuning Kec Klapanunggal Kab Bogor Senin 30/1/2023.

Acara tersebut dihadiri lengkap Forkopimcam Klapanunggal Camat Drs Ahmad Kosasih M.SI, Danramil Kapten Suwignyo, Kapolsek AKP Irrine Kania Defi S.I.K, juga hadir Sekcam Galuh Sri Wahyuni SSTP. MM, Kasipem Harri Cahyadi, KasiTrantib Pol PP Atmayasa, SSos. Ketua Pilkades Sunandi dan jajaran panitia Pilkades, 5 orang Bacakades serta puluhan perwakilan masyarakat, serta di halaman tampak pendukung CaKades.

Dalam sesi acara secara resmi ditetapkan 5 Bacakades menjadi Cakades (calon Kepala Desa) setelah hasil verifikasi panitia Pilkades telah memenuhi syarat yakni:
1. M. Masudin (petahana)
2. Neneng Robinah, SE
3. Iin Nurhayati
4. Hurip Widodo
5. Sodik.

Sesaat pasca acara kepada awak media Camat Klapanunggal Ahmad Kosasih menyatakan rasa syukurnya sejauh ini tahapan Pilkades Kembang Kuning berjalan dengan baik, lancar dan tertib.

“Alhamdulilah penetapan calon Kepala Desa Kembang Kuning pada hari ini berjalan dengan baik, lancar dan tertib dan harapannya proses tahapan selanjutnya tetap berjalan dengan lancar sampai proses Pilkades selesai”, ujar Kosasih singkat.

Sementara itu Ketua Panitia Pilkades Sunandi menerangkan bahwa pada acara tersebut ada 2 hal pokok acara yakni:
1. Penetapan verifikasi persyaratan Bakal Calon Kades dan
2. Penetapan Bakal Calon Kades menjadi Calon Kades.

Lanjut Sunandi bahwa penetapan verifikasi Bacades setelah pihak panitia melakukan verifikasi faktual ke beberapa lembaga asal sekolah masing masing Bacades dan disertai dengan surat keterangan.

“Setelah penetapan verifikasi artinya Bacades memenuhi syarat otomatis bisa ditetapkan. Dan setelah jadi Calon konsekwensinya tidak bisa mengundurkan diri, karena terikat pernyataan apabila mengundurkan diri harus mengganti seluruh biaya yang dikeluarkan panitia”, ungkap Sunandi.

Sunandi menambahkan terkait data pemilih akan terus dimutakhirkan, untuk saat ini ada sekitar 11.934.000 DPS bisa bertambah sampai pada Penetapan DPT (daftar pemilih tetap) pada tanggal 13 Februari 2023.

“Harapan saya selaku Ketua Panitia, Pilkades Kembang Kuning berlangsung dengan *Sukses tanpa Ekses* dan calon yang terpilih nanti benar-benar orang yang berkualitas yang bisa memajukan masyarakat Desa Kembang Kuning”, pungkas Sunandi tokoh masyarakat Desa Kembang Kuning yang didaulat menjadi Ketua Panitia Pilkades kali ini.

Salah satu Calon Kades M. Masudin yang juga petahana menyatakan bahwa sejauh ini Desa Kembang Kuning tetap aman dan kondusif.
“Masyarakat bersorak itu biasa dan mudah-mudahan tidak ada hal yang tidak diinginkan, harapan kita semua aman, kondusuf”, ujar Masudin menanggapi sorakan pendukungnya di halaman Kantor Desa.

Lanjut Masudin dirinya sebagai calon berharap menang sesuai visi dan misi untuk melanjutkan program dan perjuangannya demi memajukan Desa Kembang Kuning.

Informasi yang didapatkan tahapan pengundian nomor urut Calon Kades diperkirakan tanggal 1 atau 2 Maret 2023, setelah itu masa kampanye 3 hari dan Pilkades dilaksanakan 12 Maret 2023.
(Tom)