Bentuk Karakter Yang Humanis, Personil Polres Belitung Timur Laksanakan Giat Binrohtal

Belitung Timur – Detak Media.com

Polres Belitung Timur melaksanakan giat pembinaan rohani dan mental (binrohtal) yang dipimpin langsung Kapolres Beltim dan diikuti oleh Personel Polres Beltim yang Beragama Islam serta pengurus Bhayangkari Cabang Beltim, Kamis (09/02/2023).

Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) yang dilaksanakan Polres Belitung Timur rutin setiap hari Kamis pagi setelah pelaksanaan apel. Hal ini dilakukan agar dapat terbentuk karakter anggota Polri khususnya Polres Belitung Timur yang religius.

Kegiatan Binrohtal yang dilaksanakan ini sangat penting mengingat tugas anggota Polri sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat sehingga tindakan anggota Polri saat bertugas diharapkan dapat dilakukan dengan cara cara yang humanis dan penuh etika.

Kabag SDM Polres Belitung Timur Kompol Dwi Purwaningsih, SH, SIK seijin Kapolres Belitung Timur AKBP Arif Kurniatan, SIK, MM mengatakan kegiatan Binrohtal tersebut wajib diikuti oleh seluruh personil Polres Belitung Timur.

Kegiatan Binrohtal rutin dilaksanakan setiap hari Kamis setelah apel pagi dengan tujuan untuk memberikan siraman rohani dan moral kepada setiap anggota agar menjadi lebih baik serta menjadi alat kontrol diri dalam pelaksanaan tugas sehingga meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan personil Polres Belitung Timur, terang Kompol Dwi.

Dalam kegiatan rutin setiap hari Kamis pagi tersebut, rangkaian pelaksanaan Binrohtal diawali dengan pembacaan Surat Yasin serta pembacaan Asmaul Husna dan dilanjutkan dengan ceramah keagamaan oleh Ustad Rakhmad Hidayat, S.hi.

Kegiatan ini yang setiap seminggu sekali dilakukan sebagai wadah untuk membentuk karakter anggota menjadi lebih humanis dalam melayani masyarakat, sehingga citra polri menjadi lebih baik dengan harapan dalam pelaksanaan tugas dapat dipertanggungjawabkan, pungkasnya.

Diketahui, bagi personil Polres Belitung Timur yang beragama islam, kegiatan binrohtal ini dilaksanakan di Masjid Shirathaal Mustaqim Polres Belitung Timur, sedangkan bagi anggota yang beragama nasrani dilaksanakan di Aula Tengah Polres Beltim. (Tomy)