Mabes Polri Bantu Dua Kapal Patroli ke Polda NTT, Ditempatkan di Labuan Bajo dan Rote Ndao

NTT – Detakmedia.com

Bantuan Kapal C1 tersebut hanya diberikan kepada Polda NTT yang memiliki wilayah hukum kepulauan berbatasan dengan negara lain seperti Timor Leste dan Australia. Satu unit kapal diletaklan di Pos Satpolair Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, sedangkan satu unit lainnya di Pos Satpolair Rote, Kabupaten Rote Ndao.

Direktur Polairud Polda NTT, Kombes Pol Nyoman Budiardja menjelaskan kapal memiliki ukuran panjang 27 meter dan lebar 6 meter, muatan lebih banyak dan mampu melayari perairan yang tidak bisa dilintasi saat cuaca buruk.

Dikatakannya, dua unit kapal C1 telah dilengkapi dengan holder dan memungkinkan memasang senjata kaliber 12,7 mm.

“Kami menempatkan dua kapal C1 pada dua lokasi dengan pertimbangan di Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super premium sehingga semakin memperkuat tugas kepolisian perairan di Labuan Bajo sekaligus melaksanakan kegiatan SAR dan pencarian, dan menjamin rasa aman bagi wisatawan yang berkunjung di Labuan Bajo,” jelas Budiarja. (04/04/2023)

apal C1 lainnya di Kabupaten Rote Ndao untuk mendukung patroli perairan terutama di perbatasan negara termasuk melindungi masyarakat nelayan tradisional agar tidak melanggar perairan batas negara yang berakibat terjerat hukum internasional, serta meminimalisir kasus ‘people smuggling’.

Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma mengatakan kehadiran dua kapal patroli C1 tersebut akan membantu kepolisian melakukan operasi penanggulangan Crime maupun pertolongan dan perlindungan kepada masyarakat.

Terlebih wilayah Provinsi NTT berbentuk kepulauan sehingga kehadiran dua unit Kapal Patroli akan memperkuat pelayanan, perlindungan masyarakat, dan penegakan hukum di laut.

Pihaknya berharap kepada jajaran yang mengoperasikan dua kapal C1 tersebut agar mampu merawat, memelihara kapal tersebut agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Selain itu, kapal patroli tersebut tetap awet dan jangka waktu pemakaiannya bisa bertahan lama. (Suryatno)