Meriahkan Bulan Suci Ramadhan, Kapolres Banjar Gelar Festival Ramadhan Presisi

Banjar | detakmedia.com

Polres Banjar Polda Jabar – Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H.,S.I.K.,M.M. bersama Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana, S.Pd.,M.H. membuka acara Festival Ramadhan Presisi 1444 H/2023 M di Panggung Presisi di Alun-Alun Kota Banjar Kel. Banjar Kecamatan Banjar Kota Banjar. (15/04/2023)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P, M.I.Pol., Kajari diwakili pejabat fungsional H. Suparka, Kadisdik H. Kaswad, pejabat utama Polres Banjar, Para Kapolsek Jajaran Polres Banjar, Wakil MUI Kota Banjar KH. Mochtar Gojali, Sekdis Pol PP Ruhimat, Para Camat se kota Banjar, Ketua DMI, Ketua beseta Pengurus GMNI, HMI, PMII Kota Banjar, PERSIS Kota Banjar, PC Muhammadiyah kota Banjar, para Pelaku UMKM, Peserta lomba.

Kegiatan Festival Ramadhan Presisi didukung dan dibantu juga oleh organisasi kemahasiswaan yakni HMI, GMNI, IMM, PMII Kota Banjar, serta Mojang Jajaka Kota Banjar serta LPTQ Kota Banjar dan Stakeholder terkait.

Festival tersebut berupa pagelaran perlombaan, perlombaan tersebut di antaranya Musabaqoh Qiraat Mujawwad (MQM), Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ), Adzan, Musabaqoh Sharil Quran (MSQ), dan Hadroh.

Dalam sambutannya Kapolres Banjar mengatakan Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga kita bisa bersilaturohmi dan menghadiri Festival Ramadhan Presisi 1444 H/2023 M.

Bahwa Polres Banjar melaksanakan kegiatan ini bertujuan Pertama Kita ingin mengingatkan diri kita pribadi dan juga kita juga mengajak kepada seluruh masyarakat di Kota Banjar ini untuk sama-sama kita mengingat dan membuka kembali Al-Quran yang sudah lama tidak dibuka Mari kita buka kembali Karena itulah sebagai satu pedoman hidup kita.

“Kedua kami juga ingin memberikan kesempatan kepada anak-anak muda yang ada di Kota Banjar ini untuk menunjukkan kemampuannya menunjukkan keahliannya dalam membaca Alquran dengan harapan bahwa kegiatan ini kita bisa mereduksi beberapa informasi-informasi yang selama 2 minggu terakhir atau sebulan terakhir anak-anak Kota Banjar itu yang muncul di media itu tidak terlepas hal-hal negatif seperti geng motor yang sempat viral beberapa waktu yang lalu” ucap Kpolres Banjar.

Lebih lanjut Kapolres Banjar mengtakan Kita tidak ingin itu yang ditampilkan di Kota Banjar sehingga kegiatan ini salah satu kita untuk kita tampilkan bahwa kota Banjar anak-anak mudanya banyak juga yang berprestasi.

“Untuk itu mari sama-sama Kita viralkan bahwa banjar itu tidak seperti yang kemarin-kemarin itu ada banyak anak-anak kita yang bagus, banyak anak-anak kita yang baik” ucap Kapolres Banjar.

Wakil Walikota Banjar dalam sambutannya mengatakan menurutnya ini sesuatu yang luar biasa dengan tema “Ramadan ceria ibadah bahagia” tentunya dari kegiatan ini pun sangat luar biasa yang pertama ada lomba Adzan, MHQ, MSQ, MQM dan Hadroh, pihaknya selalu melihat perjalanan Kapolres Banjar ternyata beliau seorang pemimpin yang selalu mengedepankan keseimbangan.

“Saya atas nama pemerintah kota memberikan apresiasi yang setinggi tingginya saya berbahagia dengan adanya kegiatan ini 5 hari kedepan mudah-mudahan acara ini berjalan dengan baik dan lancar” ucap Wakil Wali Kota Banjar.

Lebih lanjut Wakil Wali Kota Banjar mengatakan Kita semua masih diberikan nikmat sehat dan panjang umur sehingga pada kesempatan sore hari ini kita bisa berkumpul dan silaturahmi di dalam rangka kegiatan yang luar biasa yang diinisiasi oleh bapak Kapolres Kota Banjar.

“Pada saat pengamanan nataru dengan mengkoloborasikan seni kemudian juga UMKM, sekarang ini ada bulan suci Ramadan bulan yang penuh berkah bulan yang penuh ampunan, Bapak Kapolres kita juga yang menginisiasi terselenggarakan kegiatan ini yang juga sama isinya kolaborasi tetapi di sini lebih kepada generasi muda” lanjut Wakil Wali Kota Banjar.

“Saya meyakini Allah SWT juga akan meridhoi dan memberikan rahmat dan karunianya kepada kita semua dan dengan mengucap Basmalah Festival Ramadhan Presisi 1444 H/2023 Polres Banjar Saya buka” pungkas Wakil Wali Kota Banjar seraya disambut tepuk tangan yang meriah.

Festival Ramadhan Presisi tersebut diikuti oleh peserta sebagai berikut:

1. Adzan. : 121orang
a. usia 5-12 = 78
b. usia 13-18 = 25
c. umum = 18
2. Hadroh : 58 orang
a. usia 5-12 = 1
b. usia 13-18 = 37
c. umum = 20
3. MHQ. : 214 orang
a. usia 5-12 = 118
b. usia 13-18 = 95
c. umum = 1
4. MSQ. : 83orang
a. usia 5-12 = 18
b. usia 13-18 = 51
c. umum = 14
5. MQM. : 76 orang
a. usia 5-12 = 27
b. usia 13-18 = 42
c. umum = 7

Jumlah Total Peserta sebanyak 552 orang dengan pelaksaan lomba selama 5 hari mulai dari hari ini tanggal 15 April 2023 sampai dengan 19 April 2023.
Suryatno