Catat ! Ini Tips Membuat Video Cinematic untuk Pecinta Videografi

Content creator merupakan salah satu pekerjaan paling menjanjikan di era digital saat ini. Salah satu deskripsi kerja seorang content creator adalah menghasilkan video yang berkualitas, baik dalam isi pesan yang terkandung di dalamnya, maupun secara visual atau tampilan. Oleh sebab itu, membuat video dengan tampilan cinematic menjadi hal yang sangat penting untuk content creator atau pecinta videografi secara umum. Jika Anda tertarik menghasilkan video berkualitas cinematic, Anda wajib mempelajari tips video cinematic dan menerapkannya di setiap karya yang Anda buat.

Tips Membuat Video Cinematic

Video merupakan media yang sangat potensial untuk digunakan sebagai alat branding, baik personal maupun perusahaan atau pemasaran produk. Apalagi platform media sosial sangat populer digunakan sebagai wadah penyajian dan penyebaran video. Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa banyak orang lebih suka melihat tampilan visual ketimbang tulisan yang panjang. Video yang direkam dengan konsep sinematik yang matang, tentu semakin disukai dan lebih mudah menarik minat orang untuk menontonnya. Dengan begitu, informasi sekaligus hiburan yang Anda buat, bisa tersampaikan dengan jelas pada penonton. Berikut ini tips membuat video cinematic yang bisa Anda terapkan dalam proses pengambilan video.

1.    Rule of  Thirds

Teknik yang umum digunakan dalam fotografi dan videografi adalah Rule of Thirds atau menempatkan posisi subjek selalu berada di tengah frame. Dengan teknik ini, penonton lebih mudah fokus dengan visual yang akan ditampilkan dalam video secara keseluruhan.

2.    Efek Bokeh

Tips video cinematic selanjutnya adalah membuat tampilan video dengan efek bokeh. Efek bokeh berarti Anda mengarahkan fokus kamera pada subjek saja, sehingga latar atau background akan terlihat blur atau mengabur. Untuk menghasilkan efek bokeh, Anda bisa menggunakan kamera jenis DSLR, mirrorless, hingga penggunaan smartphone di kelas flagship yang memiliki fitur bokeh pada kameranya.

3.    Gunakan Stabilizer

Stabilizer memegang peranan sangat penting dalam pembuatan video cinematic. Alat tambahan ini akan membantu hasil perekaman gambar terlihat stabil, aman dari guncangan, dan profesional. Beberapa kamera dan smartphone keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur stabilizer, tapi jika Anda merasa masih kurang, bisa ditambah dengan penggunaan gimbal stabilizer yang menjaga hasil rekaman dari guncangan, meski Anda melakukan perekaman sambil berlari.

4.    Edit dengan Warp Stabilizer

Hasil perekaman video bisa Anda perbaiki lagi di bagian pencahayaan atau kekurangan lainnya dengan menggunakan software komputer. Bukan hanya itu saja, jika Anda menemukan masih ada guncangan yang tampak pada video, Anda bisa memperbaiki kualitas tampilan  dengan menggunakan fitur warp stabilizer. Fitur ini berguna untuk menstabilkan footage video sehingga bisa tampil lebih mulus dan tanpa guncangan.

5.    Gunakan Cinema Bar

Cinema bar atau black bar merupakan bingkai hitam yang terdapat di sisi atas dan bawah film, khususnya film layar lebar. Film layar lebar dibuat dalam format ultra wide screen dan memiliki aspek rasio 2,35:1 atau 21:9. Namun ketika film tersebut diputar di TV, laptop, atau smartphone, maka ukuran video menyesuaikan playernya. Penyesuaian ini menghasilkan bingkai hitam atau cinema bar.

Nah, itulah 5 tips video cinematic yang bisa Anda terapkan ketika membuat video dengan kualitas sinema. Namun, sebenarnya video cinematic tidak hanya persoalan tampilan saja, melainkan masih banyak unsur lain yang melengkapinya. Misalnya saja komposisi, unsur cerita, dan pesan yang ingin Anda sampaikan pada penonton.

Sedangkan untuk membuat tampilan video dengan kualitas tanpa guncangan, Anda bisa menggunakan  Zhiyun, stabilizer terbaik yang mampu membantu kamera Anda menghasilkan video mulus dan berkualitas bebas guncangan. Perangkat dengan torsi motor lebih banyak, responsif, dan memungkinkan Anda menyeimbangkan kamera combo dengan lebih baik ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan hemat di Blibli, online mall terlengkap di Indonesia.

Gunakan berbagai macam promo diskon, cashback, atau gratis ongkir yang tersedia di Blibli untuk mendapatkan stabilizer kamera terbaru. Pekerjaan Anda semakin mudah dan terbantu dengan penggunaan Zhiyun stabilizer. Pastikan Anda hanya mendapatkan produk original, resmi, dengan kualitas terbaik hanya di Blibli.