Kabupaten Belitung Timur menggelar Festival Timor de Belitong.

Belitung timur, Detakmedia.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur menggelar Festival Timor de Belitong. Ajang tahun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini berlangsung di Lapangan Yagor Manggar ini selama empat hari, mulai dari Kamis (1/6/23) hingga Minggu (4/6/23).

Dalam acara tersebut Wakil Bupati Belitung Timur. Khairil Anwar membuka kegiatan dengan secara simbolis melakukan penekanan tombol tanda dimulainya Even Timor De Belitong.

Acara ini dihadiri oleh ini Wakil dari Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif yakni Ketua Kelompok Kerja Arsitektur Direktorat Kuliner, Kriya Desain dan Fesyen Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Yomi Arizal.

Photobooth Festival Timor de Belitong, “Art and Creative” (01/06/23)

Dengan tema Art and Creative, beberapa acara yang digelar yaitu lomba mural, festival band, touring motor, bazar UMKM, dan lainnya, hingga penampilan artis ibukota.

Bukan hanya itu festival tersedia bazar ekonomi kreatif dan UMKM yang melibatkan 60 stand ekonomi kreatif dan UMKM di Kabupaten Beltim.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim “evi mengatakan festival ini merupakan katalis bagi pembangunan ekonomi, khususnya 17 subsektor ekonomi kreatif yang menjadi tanggung jawab Disbudpar Kabupaten Beltim, khususnya setelah pandemi Covid-19.

Kegiatan ini merupakan ajang promosi potensi kepariwisataan dan ekonomi kreatif Kabupaten Beltim baik melalui media online dan televisi nasional.

Sekaligus meningkatkan kreatifitas pelajar, pemuda dan masyarakat untuk menggairahkan kepariwisataan dan ekonomi kreatif,” ujar Evi.

Selain itu juga diharapkan dengan adanya ajang ini, perputaran ekonomi lokal khususnya UMKM dan produk Kabupaten Beltim dapat berkembang.
Kita ingin mendorong kemajuan dan pengembangan produk ekonomi kreatif dan ekonomi lokal, dalam 60 stand yang hadir di even ini semuanya kita gratiskan bagi UMKM Beltim,” kata Evi.

Festival ini sebagai Ajang Promosi sementara itu Wakil Bupati Beltim mengatakan Festival Timor de Belitong mengusung tema “Art and Creative” dan menjadi pembungkus dalam Festival ini karena seni budaya dan bahari merupakan darah Masyarakat Beltim, yang mengalir sebagai putra pesisir dari daerah kepulauan yang kaya akan keindahan alam dan juga seni budaya.

Khairil berharap, “Semoga dalam penyelenggaraan Festival ini disertai profesionalitas hingga dapat menjadi salah satu Festival tahunan yang dapat mempromosikan Kabupaten Beltim serta menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Belitung Timur.

Sehingga dapat meningkatkan gairah ekonomi kreatif di daerah yang semuanya akan bermuara ke pemulihan dan peningkatan perekonomian masyarakat,” ucap Khairil.

(Tomy)