Kapolda Kep. Babel Kunker Ke Polres Belitung Timur, Berikan Arahan dan Penekanan Kepada Personel.

Belitung timur Detak media.com

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, SIK, M.Si, CRGP melakukan kunjungan kerja ke Polres yang paling Timur dari Polda Kep Babel yaitu Polres Belitung Timur, Selasa (14/11/2023).

Kunjungan ke Polres Belitung Timur menjadi kunjungan keenam yang dilakukan Irjen Pol Tornagogo usai menjabat sebagai Kapolda Kep. Babel.

Dalam Kunjungan Kerja Ke Polres Belitung Timur, Kapolda Kep. Babel bersama Ketua Bhayangkari Daerah Kep. Babel didampingi oleh Irwasda Kombespol Badarudin, Dir Samapta Kombespol Fadly Munzir Ismail, SH, SIK, M.Si, Kabid Propam Kombespol Julihan Muntaha, SIK, Kabid Humas Kombespol Jojo Sutarjo, SIK, MH dan Kabidkum Kombespol Afner Juwono, SH, SIK, MH.

Sesampai di Mapolres Belitung Timur, Kapolda menerima Jajar Hormat serta Laporan situasi dari Personel Polres Belitung Timur.

Usai menerima jajar hormat, Kapolda juga disambut oleh ratusan personel Polres Belitung Timur hingga menuju Gedung Utama

Selanjutnya Kapolda Kep. Babel langsung bertatap muka dan langsung mendengarkan Lapsit dari Kapolres Beltim lalu Kapolda Kep. Babel memberikan arahan kepada personel Polres Belitung Timur untuk menyampaikan Commander Wish.

Dalam arahannya, Kapolda mengatakan bahwa Sebagai anggota Polri kita harus memelihara jati diri Polri yang melindungi, mengayomi, melayani dan menegakkan hukum yang berkeadilan.

• Tulus Melayani yaitu dengan melayani dengan hati yang tulus tanpa pamrih, kemudian melayani dengan ikhlas dan penuh kerelaan, memenuhi kebutuhan masyarakat serta menerapkan prinsip pelayanan modern yaitu mudah, cepat, tepat, gratis dan tuntas.

• Menjadi Teladan dengan menjadi contoh bagi keluarga, lingkungan dan masyarakat kemudian menunjukan sikap yang profesional dan sederhana serta tidak hedonis, flexing kepada masyarakat maupun di media sosial.

• Tidak diskriminatif dengan tidak berpihak, tidak pilih kasih dan tidak tebang pilih.

• Melindungi, Mengayomi & Melayani sepenuh hati dengan menjadi kawan, menjadi ramah, menjadi sopan, merangkul dengan hati dan tidak menjebak masyarakat.

• Menegakkan hukum yang berkeadilan, yaitu profesional, proporsional, & prosedural, kemudian harus berlandaskan pelayanan & perlindungan kepada masyarakat sesuai aturan (tidak menyimpang) dan memenuhi asas keadilan dan memberikan kepastian hukum.

• Menjaga netralitas dalam Pemilu 2024 harus kita wujudkan yaitu dengan tidak terlibat politik praktis, kemudian tidak menunjukan tendensi dukungan kepada salah satu pihak, tidak menggunakan atribut/simbol bernuansa politis dan tidak menggunakan fasilitas dinas untuk giat kampanye.

Selain itu ada beberapa Atensi Pimpinan Permasalahan di lapangan (pelanggaran yang sering terjadi) :

a. Bidang Penyidikan (Penegakan Hukum)

Rekayasa Kasus, Makelar Kasus, Transaksional (Pungli), Tidak Profesional, Pelanggaran Upaya Paksa, Rekayasa Penerapan Pasal dan Fakta Yang Terjadi, Penyalahgunaan Narkoba, Backing Tindak Pidana

b. Bidang Lalu Lintas

Pungli, Pemalsuan Dokumen, Penerbitan Sim, Tidak Sopan, Tidak Santun

c. Bidang SDM

Calo Rekruitmen, Gratifikasi, Koruptif Casis/ Dikbang

d. Bidang Harkamtibmas

Pungli, Langgar SOP, Lalai Saat Jaga Mako, Lalai Jaga Tahanan, Lahgun Senpi, Kurang Tunjukkan Sikap Waspada dan Siaga.

Diakhir arahannya, Kapolda mengajak kepada seluruh personel Polres Belitung Timur untuk bersama-sama berusaha berbuat sesuatu yang terbaik buat masyarakat khususnya masyarakat Belitung Timur, harus berusaha untuk ikhlas dalam bekerja dan tetap jaga kesehatan.

Setelah arahan selesai, Kapolda Kep. Babel bersama rombongan melanjutkan kegiatan pemberian bansos berupa paket sembako kepada masyarakat suku sawang bertempat di Dsn. Seberang, Ds. Selinsing, Kec. Gantung Kab. Beltim. Adapun Jumlah Bansos yang dibagikan sebanyak 68 (Enam Puluh Delapan) paket sembako.

(Tomy)