Belitung Timur

Sat Polair Polres Belitung Timur melaksanakan Patroli Perairan di Wilkum Perairan Polres Belitung Timur

Belitung Timur, Detak Media.com ||

Polres Belitung Timur, Manggar. Guna menciptakan Situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di laut, Sat Polair Polres Belitung Timur melaksanakan Patroli Perairan di Wilayah Perairan Polres Belitung Timur. Sabtu(08/06/2024).

Kegiatan dipimpin Oleh Kasat Polair Polres Belitung Timur AKP Candra Wijaya, S.H., M.H., didampingi oleh KBO Sat Polairud Polres Belitung Timur Ipda Rendy Marta,S.H., Kasat Lantas Polres Belitung Timur Iptu Zodi Adrian S.kom., Kasi Humas Polres Belitung Timur Ipda Jerry Saputra Tandaru, S.H., M.H., Kanit Ekonomi Sat Intelkam Polres Beltim Ipda M.Deni Irawan,S.H., Dan Kapal KP-1401 Sat Polairud Polres Belitung Timur, Dan Kapal KP-1402 Sat Polairud Polres Belitung Timur, Pers Kapal KP-2009 Direktorat Polairud Polda Kep.Babel., Personil Sat Polairud Polres Belitung Timur, dan dihadiri oleh Kades Pulau Buku Limau, Warga Pulau Buku Limau dan Nelayan setempat.

Satuan Polair Polres Belitung Timur melakukan Patroli perairan dan Sambang Ke Pulau Buku Limau Kec. Manggar Kab. Belitung Timur. Selain kegiatan Sambang Kamtibmas Sat Polair Polres Belitung Timur juga melakukan bersih-bersih pantai di pesisir pantai Pulau Buku Limau.

Dalam pelaksanaan kegiatan patroli tersebut Personel Sat Polair Polres Belitung Timur melakukan pemantauan terhadap aktifitas para nelayan yang mencari ikan. Personel Sat Polair Polres Belitung Timur juga mengingatkan kepada para nelayan dalam hal melakukan penangkapan ikan jangan menggunakan bahan peledak (bom rakitan) yang dapat membahayakan biota laut termasuk merusak ekosistem laut ataupun melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap yang tidak sesuai spesifikasi serta tidak ramah lingkungan maka Polri tetap mengambil tindakan tegas melalui langkah penegakkan hukum sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Sat Polair Polres Belitung Timur terus berbenah diri dengan meningkatkan kualitas kinerja baik mendekatkan diri kepada masyarakat dengan memberikan himbauan kamtibmas maupun upaya meningkatkan patroli dan pengawasan dalam rangka terciptanya kondusifitas Kamtibmas di laut.

Kasi Humas Ipda Jerry Saputra Tandaru, S.H., M.H., seizin Kapolres Belitung Timur menjelaskan bahwa “Dengan adanya kehadiran personel Polri ditengah-tengah masyarakat dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman terhadap para nelayan yang melakukan aktifitas di perairan Belitung Timur. selain meningkatkan silaturahmi diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik terhadap masyarakat ketika menyampaikan himbauan ataupun pesan-pesan kamtibmas.

Ipda Jerry juga menambahkan “Sesuai penegasan Pimpinan terkait kehadiran anggota Polri ditengah-tengah masyarakat khususnya para nelayan yang melakukan aktifitas mencari ikan, sangatlah diperlukan sebagai upaya memberikan pemahaman konsep Kamtibmas perairan sehingga masyarakat dapat mengerti dan melakukan kegiatan penangkapan ikan dengan tidak menyimpang dari ketentuan perudangan-undangan yang berlaku.

Upaya pembinaan kamtibmas perairan akan terus digalakkan oleh Polri kepada masyarakat secara berkesinambungan dengan harapan dapat menurunkan angka kejahatan di bidang perikanan sehingga masyarakat tetap menaruh kepercayaan kepada Polri selaku Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat. (Tomy)

Loading